Daftar Makanan Pemicu Penyakit yang Wajib Dihindari Ibu


  • Daftar Makanan Pemicu Penyakit yang Wajib Dihindari Ibu
    Beberapa makanan ternyata dapat menjadi pemicu penyakit. Apa saja? (Foto: Dok/freepik.com)


    Tahukah kamu bahwa berbagai penyakit kini bisa saja mengintai kesehatan ibumu? Apa sebabnya? Semakin lanjut, fungsi organ tubuh kian menurun, begitu pun dengan stamina. Tidak bisa dipungkiri, berbagai penyakit bisa menghampiri di usia-usia ini.

    Nah, kini saatnya kamu lebih peduli dan membantunya menjaga kesehatan. Terutama membantu mengawasi pola makannya, karena makanan yang dikonsumsi bisa menjadi pemicu utama timbulnya berbagai penyakit.



    Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa daftar makanan pemicu penyakit yang wajib dihindari ibu. Yuk, cek di bawah ini!

    (Baca juga: 10 Penyakit yang Sering Dialami Masyarakat Indonesia) 

    Makanan Pemicu Serangan Jantung

    1. Aneka Gorengan

    Siapa yang tidak tergiur dengan cemilan yang satu ini? Apalagi bila dinikmati dengan secangkir teh atau kopi, gorengan dapat menjadi menu utama untuk menganjal perut. Namun, perlu kamu ketahui, bila terlalu sering mengonsumsi gorengan dapat menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. Inilah yang harus dihindari. 

    2. Makanan Manis

    Tidak hanya dapat meningkatkan risiko peningkatan berat badan, terlalu banyak makanan manis juga dapat memicu penyakit jantung koroner. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association (2013) menemukan bahwa molekul pada gula yaitu glukosa 6-fosfat dapat menyebabkan perubahan otot jantung yang dapat berujung pada gagal jantung.

    3. Makanan Tinggi Margarin

    Sering mengonsumsi makanan yang mengandung margarin sebagai penambah rasa makanan seperti roti? Perlu kamu perhatikan bahwa margarin terbuat dari hidrogenasi. Bahan ini merupakan sumber lemak trans yang dapat menutup arteri. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi margarin juga dapat menaikkan risiko serangan jantung.


    Makanan Pemicu Kolesterol 

    1. Fast Food

    Fast food mayoritas dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang diawetkan. Proses pengawetan bahan baku fast food tersebut biasanya menggunakan zat aditif yang tinggi kandungan sodium atau gula. Hal inilah yang dapat memicu kadar kolesterol jahat dalam tubuh meningkat. 

    2. Kuning Telur

    Satu butir telur mengandung 186 mg kolestrol. Meskipun begitu, studi oleh badan medis non-profit Mayo Clinc dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengonsumsi kurang dari empat kuning telur per minggu tidak merendahkan kesempatan seseorang mengidap penyakit jantung. Kuncinya ialah tidak mengonsumsi secara berlebihan dan terus menjaga asupan kolesterol.

    3. Daging Merah Berlemak & Jeroan

    Makanan pemicu kolesterol jahat lainnya adalah daging merah berlemak dan jeroan. Daging merah berlemak dan jeroan memang bagian paling nikmat bila dikonsumsi. Namun, dibalik rasanya yang nikmat dan lezat daging merah dan jeroan mengandung kolesterol yang tinggi daripada lemak jenuh. Inilah yang mampu memperburuk kadar kolesterol dalam tubuh.


    Makanan Pemicu Osteoporosis 

    1. Minuman yang Mengandung Kafein

    Ibumu penikmat kopi? Mulai sekarang perlu dibatasi konsumsi kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein. Why? Karena ternyata kafein yang terkandung dalam kopi dan minuman lainnya memliki efek meningkatkan pengeluaran kalsium tulang.

    2. Garam

    Ternyata mengonsumsi garam berlebih dapat memicu tulang keropos. Hal ini terjadi karena kelebihan garam dapat mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh sehingga memicu terjadinya osteoporosis.

    3. Minuman Bersoda

    Minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat yang akan meningkatkan laju pengeluaran kalsium melalui urine.

    (Baca juga: Beberapa Penyakit yang Rentan Menyerang Wanita) 

    Bicara soal kesehatan ibu, Combiphar memiliki produk-produk suplemen dan obat-obatan yang bisa membantu menjaga kesehatan ibu. Untuk produk-produk dari Combiphar, bisa kamu dapatkan di drug store Guardian terdekat di daerahmu, atau kunjungi website Guardian Indonesia di www.guardianindonesia.co.id.

    Demi membantu menjaga kesehatan ibu, Cosmopolitan Indonesia bersama Combiphar mengajak kamu untuk bergabung dalam “Tanya Dokter” bersama dr. Carlinda Nekawaty. Kamu bisa tanya apa saja seputar kesehatan ibu mulai dari tips kesehatan, vitamin atau suplemen yang baik hingga cara menanganinya.

    Tak hanya itu, ada hadiah voucher belanja MAP senilai masing-masing Rp500.000,- untuk tiga pertanyaan terbaik. So, tunggu apalagi? Kunjungi sekarang juga di cosmopolitan.co.id/healthylifestyle atau klik di sini



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below