Stan Lee, Kreator Para Superhero Meninggal Dunia


  • Stan Lee, Kreator Para Superhero Meninggal Dunia
    Stan Lee, Kreator Para Superhero Meninggal Dunia. (Foto: Dok/Instagram/@therealstanlee)


    Jika ada satu sosok penting di balik karakter superhero ikonik seperti Spiderman, Hulk, Thor, Iron Man hingga Black Panther, Stan Lee adalah orangnya. Kreator para tokoh populer itu dikabarkan meninggal dunia di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, AS, pada Senin (12/11), di usia 95 tahun, seperti dikutip dari The Hollywood Reporter. 

    Stan Lee adalah sosok penting di balik kesuksesan film-film superhero Marvel. Kolaborasinya bersama Jack Kirby, Steve Ditko dan lainnya mengubah Marvel menjadi penerbit komik nomor satu dan kemudian perusahaan produksi multimedia besar dunia.



    Pada 2009 lalu, The Walt Disney Co. membeli Marvel Entertainment dengan harga fantastis empat miliar dolar AS. Film-film superhero Marvel pun rata-rata meraup keuntungan besar dan sukses di box office, dengan penjualan tertinggi diraih Avengers: Infinity War senilai 2 miliar dolar AS. 

    (Baca juga: Movie Marathon 10 Film Marvel Cinematic Universe)

    "Saya berpikir bahwa apa yang saya lakukan tak begitu penting dibanding orang yang membangun jembatan dan melakukan penelitian di bidang medis, apa yang saya lakukan membuat tokoh fiksi yang melakukan hal-hal besar dan menakjubkan, hal gila dan mengenakan kostum. Namun saya menyadari bahwa menghibur orang lain tak kalah pentingnya," ujar Lee suatu kali dalam sebuah wawancara. 



    Dalam proses kerjanya, penulis kelahiran Manhattan itu menuliskan sosok supehero dengan karakter dekat dengan keseharian, yang tak sepenuhnya sempurna dan memiliki beberapa kelemahan. 

    Berkolaborasi bersama seniman Kirby, ia kemudian melahirkan Fantastic Four, Hulk, Iron Man, Thor, Silver Surfer dan X-Men. Lalu, bersama Ditko, ia mmebuat Spider-Man dan Doctor Strange. Sementara, bersama Bill Everett lahir Daredevil.

    Sosok Stan Lee 

    Stan Lee lahir 28 Desember 1922, di Manhattan dengan nama lengkap Stanley Martin Lieber. Ia sulung dari dua bersaudara, dengan orangtua Jack Lieber dan Celia (Solomon) Lieber, keduanya imigran dari Romania. Keluarga mereka pindah ke Bronx.

    Stanley kecil mulai membaca Shakespeare pada usia 10 tahun, dan melahap juga karya-karya Arthur Conan Doyle, Edgar Rice Burroughs, dan Mark Twain, serta film-film Errol Flynn. 



    Ia menamatkan sekolah di usia 17 tahun di DeWitt Clinton High School di Bronx dan memutuskan ingin menjadi penulis. Ia lalu bekerja di Timely Publications, perusahaan penerbitan yang dimiiki Martin Goodman. Ia dibayar sebesar delapan dolar AS per minggu untuk jam kerja reguler. Ia menulis dan mengedit cerita superhero. 

    Di Timely ia bekerjasama dengan seniman Jack Kirby (1971-94), yang bersama partnernya Joe Simon, membuat karakter Captain America, dan menjadi karya penting dalam karier Lee. Ketika Simon dan Kirby dibajak perusahaan pesaingnya, Lee menjadi pemimpin redaksi. 

    Dalam menulis Lee kerap menggunakan nama alias agar Marvel seolah memiliki banyak penulis. Ia secara resmi mengubah nama Lieber menjadi Lee pada 1970an. 

    Pada 2001, Lee mendirikan POW!Entertainment (dari akronim 'purveyors of wonder'), tapi tak banyak mendapat pendapatan dari film Marvel sampai ia memenangkan gugatan dengan Marvel di 2005. Beberapa waktu setelahnya, Walt Disney Company mengakuisisi Marvel dan mengumumkan pembayaran 2,5 juta dolar AS untuk menaikkan saham POW!



    Kehidupan pribadi

    Stan Lee menikah dengan Joan Boocock, mantan model Inggris, pada 1974 dan pindah ke New York. Putri pertamanya yang lahir pada 1950 bernama Joan Celia Lee, yang kemudian dikenal dengan nama J.C. Putri kedua Jan, meninggal tiga hari usai dilahirkan pada 1953. Sementara, istri Lee meninggal dunia pada 2017 lalu. 

    Lee menulis momoar berjudul 'Excelsoir! The Amazing Life of Stan Lee' dengan George Mair, pada 2002. 

    Bukunya 'Amazing Fantastic Incredible: A Marvelous Memoir' ditulis bersama Peter david, dan ilustrasi Colleen Doran pada 2015 memberi tribut pada sejumlah seniman yang diyakini penggemar pernah bekerjasama sebelumnya. 



    Pada sejumlah film Marvel dan serial tv, nama Lee kerap disebutkan sebagai produser eksekutif. Ia juga kerap tampil sebagi cameo di sejumlah film. Dalam hal penghargaan, ia pernah menerima National Medal of Arts di 2008. 

    Suatu kali dalam pembuatan dokumenter pada 2010, ia pernah mengungkapkan bahwa ia ingin sekali membuat banyak film, banyak tayangan tv, dan DVD. Ia ingin berbuat lebih banyak. 

    Kini, dunia komik dan superhero kehilangan sosok penciptanya. RIP Stan Lee!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below