Tips Menghindari Masalah Finansial Setelah Pernikahan


  • Tips Menghindari Masalah Finansial Setelah Pernikahan
    (Foto: Pixabay/Pexels)

    Pernikahan membutuhkan biaya yang besar. Jika tidak merencanakan dan memperhitungkannya dengan baik, bisa-bisa Anda dan pasangan justru terlilit utang yang besar.

    Untuk menghindari masalah finansial yang bisa terjadi setelah pernikahan, sebaiknya susun anggaran dengan matang pada awal mula persiapan. Survey lokasi dan barang sesuai budget yang telah disediakan agar tidak tergoda dengan yang lebih mahal.

    Potong anggaran yang tidak penting seperti patung es atau karpet yang terlalu mahal. Walaupun Anda dan pasangan akan mendapatkan uang yang cukup banyak dari para tamu nanti, sebaiknya sisihkan uang tersebut untuk keperluan lainnya setelah menikah.



    Apabila membayar dengan uang tunai atau kartu debit, pastikan tetap ada cukup uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tabungan keadaan darurat. Jangan sampai Anda tertimpa musibah setelah pernikahan dan tidak punya uang untuk membiayainya.

    Jika kartu kredit sudah mencapai limit, hindari meminjam punya saudara atau teman. Batas kartu kredit telah disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Meskipun pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup, bukan berarti ini menjadi alasan untuk berfoya-foya dan membuat Anda terlilit utang pada kemudian hari.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below