Manfaat Menyimpan Buku Harian Persiapan Pernikahan


  • Manfaat Menyimpan Buku Harian Persiapan Pernikahan
    (Foto: Miesha Moriniere/Pexels)

    Mempersiapkan pernikahan adalah pengalaman yang belum tentu dapat dirasakan lebih sekali, kecuali Anda bekerja sebagai seorang wedding organizer. Namun yang dirasakan oleh mereka pun tentu berbeda dengan calon pengantin yang mempersiapkan pernikahannya sendiri.

    Ada baiknya untuk menyimpan sebuah jurnal atau buku harian ketika mempersiapkan pernikahan. Anda dapat menceritakan bagaimana proses kekasih melamar, unek-unek saat menentukan tema, serta kegiatan seperti mencari undangan dan baju pengantin yang sempurna.

    Selain berguna untuk menyimpan segala memori yang terjadi, buku ini nantinya juga akan bermanfaat jika ada sesuatu yang perlu dikonfirmasi lagi. Seperti apakah Anda sudah memutuskan buket bunga apa yang dibawa dengan membaca ulang tulisan tersebut.



    Apabila ada pikiran yang mengganggu selama proses persiapan, Anda pun bisa mencurahkannya di buku ini. Dengan mengalihkan energi negatif seperti ini, kemungkinan bertengkar dengan pasangan atau orangtua saat mempersiapkan pernikahan bisa dihindari.

    Selain itu, menulis juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Stanford juga membuktikan bahwa menulis mempunyai hubungan kritis dengan berbicara. Kemampuan ini pun bisa dimanfaatkan untuk bernegosiasi dengan vendor fotografi supaya mendapatkan harga yang lebih cocok.