Brides

5 Manfaat Menyimpan Buku Harian Untuk Persiapan Pernikahan

By : Yolanda Deayu - 2023-07-16 16:00:00 5 Manfaat Menyimpan Buku Harian Untuk Persiapan Pernikahan

Pernikahan yang sempurna berawal dari persiapan yang matang. Umumnya, persiapan pernikahan membutuhkan waktu selama lebih dari dua bulan bahkan hingga satu tahun, tergantung seberapa megah acara pernikahan akan digelar. Terdapat banyak hal yang perlu diatur selama persiapan pernikahan, mulai dari daftar tamu, dekorasi, catering, fotografi, dan masih banyak lagi detail-detail penting lainnya. Persiapan pernikahan bisa menjadi proses yang melelahkan, untuk memudahkan hal ini calon pengantin umumnya menyewa wedding organizer untuk membantu mereka.

Meski wedding organizer sangat membantu dalam persiapan pernikahan, ada baiknya calon pengantin juga mencatat detail-detail penting agar tidak terlewatkan. Inilah pentingnya menyimpan buku harian persiapan pernikahan bagi calon pengantin. Buku harian bisa menjadi alat utama bagi kamu untuk menyimpan berbagai daftar dan hal-hal penting seputar persiapan pernikahan. Selain itu, buku harian juga bisa menjadi jurnal pribadi untukmu menuliskan keluh-kesah selama persiapan pernikahan. 

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan bersama pasangan, kamu bisa mulai menyimpan buku harian, lho. Simak manfaat menyimpan buku harian persiapan pernikahan di bawah ini.


(Baca Juga: Intip 5 Inspirasi Buket Bunga Pengantin Berwarna Putih)


1. Menulis Ragam Ide Pernikahan

We get it, mempersiapkan pernikahan adalah hal yang menyenangkan. Beragam ide darimu dan pasangan pasti mengalir dengan sendirinya, mulai dari membahas mengenai tema, baju pernikahan, tamu yang akan diundang, kegiatan selama pernikahan, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari ide yang tidak terbahas, ada baiknya bagimu untuk langsung mencatat setiap ide yang terlintas di otakmu dalam buku harian!


2. Bentuk Memori

Hal indah dari tulisan adalah membacanya dapat mengingatkanmu pada suatu kenangan tertentu. Melalui buku harian, kamu bisa menceritakan bagaimana awal mula proses mengenal pasanganmu mulai dari strangers, menjadi teman, hingga kekasih, kemudian proses melamar hingga akhirnya berada di titik saat ini. 


3. Curahan Hati

Proses persiapan pernikahan tidak selalu berjalan dengan mulus. Pastinya, kamu akan menemukan berbagai tantangan tidak hanya dengan pihak lain tetapi juga dengan pasanganmu sendiri. Perbedaan pendapat merupakan hal yang lazim antar pasangan saat persiapan perniakahn. Apabila terdapat pikiran yang mengganggumu selama proses persiapan pernikahan, kamu bisa mencurahkannya di buku ini. Dengan mengalihkan energi negatif seperti ini, kemungkinan bertengkar dengan pasangan atau orangtua saat mempersiapkan pernikahan bisa terhindari.


4. Meningkatkan Komunikasi dengan Pasangan


(Ilustrasi menulis buku harian. Foto: Dok. Peopleimages/iStock)

Menulis di buku harian juga dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasimu dengan pasangan selama persiapan pernikahan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Stanford, dibuktikan bahwa menulis mempunyai hubungan kritis dengan berbicara. Terutama bagi kamu yang masih kesulitan berkomunikasi dengan pasangan melalui berbicara, tulisan bisa menjadi salah satu alternatifnya.


(Baca Juga: Tips Memilih Tema Pernikahan Idaman)


5. Evaluasi Pilihan

Manfaat lain dari menyimpan buku harian persiapan pernikahan adalah buku ini juga berguna jika ada sesuatu yang perlu dikonfirmasi lebih lanjut. Seperti contoh, kamu dan pasangan sudah memutuskan buket bunga apa yang akan dibawa saat pernikahan nanti. Jika kamu melupakannya, membaca buku harian bisa mengingatkanmu kembali. Namun jika kamu memiliki pilihan buket bunga yang lebih baik, maka kamu bisa menuliskannya untuk dijadikan perbandingan.


Itu adalah manfaat menyimpan buku harian persiapan pernikahan. Get into writing, and good luck!

Brides