Berkenalan Lebih Dekat Dengan Kartu Kredit


  • Berkenalan Lebih Dekat Dengan Kartu Kredit
    Image: Pixabay.com/Pexels.com

    Tak kenal maka tak sayang. Saatnya berkenalan lebih dekat dengan kartu kredit serta segudang manfaatnya bersama Dessy Masri, Executive Director Cards & Payment Personal Financial Services UOB.


    Banyak yang masih khawatir, sebenarnya bagaimana cara kita mengontrol penggunaan kartu kredit?



    “Pertama, pilih kartu yang memberikan banyak manfaat serta sesuai dengan gaya hidup dan kepribadian kita. Jika Anda memang senang bepergian, pilih kartu kredit yang menawarkan banyak keuntungan traveling. Misalnya dengan memberikan reward points untuk ditukarkan ke dalam mileage. Kedua, optimalkan manfaat tersebut. Kartu kredit bukan hanya didesain sebagai alat pembayaran tapi juga sebagai pendukung gaya hidup. Beragam manfaat yang bisa didapat seperti promosi dan diskon. Keuntungan lainnya adalah menjaga cash flow karena kartu kredit memiliki banyak program cicilan. Terakhir, disiplin untuk membayar tagihan. Pastikan Anda tidak telat membayar, apalagi sampai masuk dalam daftar kartu kredit tidak lancar, yang tentu akan berpengaruh buruk ke depan. Intinya, pastikan bahwa penggunaan Anda tidak lebih besar pasak daripada tiang.”


    Apakah aman jika kita cukup membayar minimum payment?

    “Sekali lagi, pemakaian kartu kredit memang harus disesuaikan dengan pendapatan. Kartu kredit memang memberikan kemudahan lewat fitur minimum payment, namun hindari membayar sesuai jumlah minimum, yakni 10% dari total tagihan. Sebaiknya bayar setidaknya 50% dari total tagihan. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari bunga.”


    Bagaimana cara kita menghadapi penipuan kartu kredit?

    “Hindari kebiasaan memberikan kartu kredit pada pihak lain, tanpa pengawasan. Kedua, gunakan pin. Pastikan kombinasi pin tersebut mudah diingat tapi tidak mudah ditebak. Jangan membagikan informasi seputar kombinasi pin kartu kredit. Terakhir, disiplin untuk mengecek ulang tagihan kartu kredit. Kini, pengecekan bisa dilakukan secara digital sehingga tentu akan lebih memudahkan. Jika ada kejanggalan, segera hubungi call centre untuk dibuatkan sanggahan.”


    Ada berapa banyak potongan iuran dalam sebuah kartu kredit?

    “Sebagian besar penerbit kartu kredit memberlakukan potongan iuran per tahun. Tentunya besar iuran tahunan ini juga tergantung dari jenis kartu. Semakin besar manfaat biasanya iuran tahunan kartu jadi lebih tinggi. Ada pula potongan akibat denda telat bayar, denda overlimit, hingga potongan cash advance di mana nasabah bisa mengambil uang tunai melalui kartu kreditnya. Tak sedikit juga bank yang menerapkan biaya cetak tagihan jika nasabah tidak menggunakan E-statement, yakni bukti tagihan secara digital.”


    Tip belana cicilan yang bijak?

    “Cicilan 0% yang kita kenal sebenarnya merupakan inovasi yang terjadi setelah melihat kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar mencicil. Dengan kemudahan ini, nasabah jadi bisa mengawasi pengeluaran agar tidak lebih besar dari pendapatan. Tipnya adalah dengan menyesuaikan cicilan dengan kebutuhan dan pendapatan. Hindari mencicil barang dalam jumlah besar. Ingat, cicilan yang jatuh tempo wajib dibayar penuh.”


    Berapa banyak idealnya kartu kredit yang dimiliki seseorang?

    “Semua itu kembali pada individu. Namun menurut aturan Bank Indonesia, pendapatan di bawah 10 juta hanya boleh memiliki dua kartu, sedangkan mereka dengan pendapatan di atas 10 juta diberikan kebebasan yang sesuai dengan kebutuhan. Meski begitu, sebaiknya seseorang cukup memiliki dua kartu utama yang sesuai dengan gaya hidup dan kepribadiannya.”


    Lalu, apa saja kelebihan program kartu kredit UOB Lady's Card?

    “UOB memiliki program setiap hari Rabu bernama Lady's Day. Terinspirasi dari penelitian seputar midweek crisis yang kerap dialami para perempuan profesional, kartu kredit UOB Lady's Card berusaha memberikan berbagai opsi hiburan dalam bidang health and beauty, seperti diskon hingga 50% dengan lebih dari 300 outlet. Beberapa diantaranya adalah Irwan Team, Chandra Gupta, Anna Wijaya, dan Toni & Guy. Dengan begitu, para perempuan akan merasa lebih bahagia.”




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below