Ini Pentingnya Bertengkar dengan Pasangan


  • Ini Pentingnya Bertengkar dengan Pasangan
    Foto: Odonata Wellnesscenter/Pexels.com

    Tahukah Anda bahwa bertengkar dengan pasangan itu perlu dan penting?


    (Baca juga: Sering Bertengkar Dengan Pasangan? Ini Solusinya)


    Hmmm... Jadi begini. Ketika Anda punya hubungan dengan orang lain, tentu tak jarang terjadi perbedaan pendapat yang berujung tersulutnya emosi. Well, hal ini amat sangat normal sebab tiap manusia punya karakter dan isi kepala yang berbeda.


    Nah, dengan bertengkar, Anda akan tahu lebih banyak tentang karakter pasangan. Begitu pun sebaliknya. Pasangan akan lebih memahami kepribadian Anda ketika sedang marah sebab karakter manusia paling buruk bisa diketahui ketika sedang murka. Segala ego akan muncul dan banyak tindakan yang tiba-tiba dilakukan di luar kebiasaan di mana dalam keadaan normal, perlakuan tersebut senantiasa tersembunyi.


    Anda dan pasangan jadi tahu sampai sejauh mana perlakuan yang dilakukan oleh masing-masing kalian ketika sedang berang. Berteriak, membanting barang, mengancam, atau bahkan hingga melakukan kontak fisik seperti menampar, memukul, dan lain sebagainya. Aksi ini sangat penting diketahui untuk memutuskan apakah Anda tahan dengan pasangan seperti itu atau tidak, pun sebaliknya. 


    Hal esensial lain yang patut dipelajari adalah mengenai bagaimana mengontrol ke-aku-an dan emosi. Anda berdua jadi tahu topik-topik apa saja yang bisa membuat satu sama lain naik darah, ragam hal apa yang perlu kehati-hatian dalam menyampaikannya, sampai sifat buruk mana yang harus diubah agar tak jadi 'fighting seeds'. Di sini lah pada nantinya keduabelah pihak bisa mencoba untuk saling bertoleransi. Siapa yang lebih mau mendengarkan, didengarkan, mengalah, tak mau kalah, sabar, dan tak sabar akan terlihat jelas dalam situasi chaos.


    Tak hanya itu, urusan cooling-down pun bisa terbuka. Bagaimana menghadapi pasangan yang sedang naik pitam, situasi seperti apa yang bisa membuatnya kembali tenang, cara jitu meminta maaf yang lekas membuat luluh, bagaimana ia membuat Anda kembali normal, dan lain sebagainya. Semua bisa jadi bahan belajar yang baik jika ingin hubungan kian langgeng.


    So, banyak orang bilang kita harus menghindari pertengkaran untuk hubungan yang harmonis. Ini tidak salah. Apalagi jika pertengkaran yang terjadi terlampau hebat serta berujung mengerikan. Namun jika adu argumen masih terbilang wajar dan mampu ditolerir, maka jadikan 'arena pertarungan' sebagai basic relationship knowledge di mana hanya Anda dan pasangan yang bisa mengerti.


    Kalau sama-sama sudah paham bagaimana cara menghadapi dan berurusan dengan masalah paling dasar yaitu "controlling fight and emotion", maka dijamin hubungan Anda akan semakin mudah dijalani. Anda dan dirinya pun jadi orang yang paling mengerti tentang karakter masing-masing.


    Kalau kata orang, sih ini yang namanya telah berhasil 'kenal luar-dalam'. Ya, kan?