5 Fakta Menarik Samuel Johnson yang Jadi Google Doodle


  • 5 Fakta Menarik Samuel Johnson yang Jadi Google Doodle
    (Foto: Georgios Kollidas/Shutterstock/Click Photos)

    Mungkin Anda bertanya-tanya siapakah Samuel Johnson karena tiba-tiba ramai menjadi bahan perbincangan. Ia bukanlah seorang artis baru, melainkan seorang penulis asal Inggris yang merayakan hari ulang tahunnya pada hari ini. Sebagai bentuk penghargaan atas karya-karyanya yang selalu dikenang meskipun sudah ratusan tahun berlalu, Google menjadikannya sebagai Google Doodle hari ini.

    (Baca juga artikel: Behati Prinsloo Hamil Anak Kedua!)

    Selain sebagai seorang penulis, Samuel Johnson juga berkontribusi kepada literatur Inggris sebagai penyair, penulis essay, moralis, kritikus sastra, biografer, editor, dan ahli kamus alias leksikograf. Penasaran dengan apa lagi yang dilakukan oleh pria kelahiran 18 September 1709 tersebut sepanjang hidupnya? Simak 5 fakta menarik Samuel Johnson lainnya berikut ini.



    1. Samuel Johnson dilahirkan di rumah keluarganya yang terletak di atas toko buku milik sang ayah dibantu oleh seorang dokter bedah bernama George Hector. Ibunya sudah berumur 40 tahun ketika melahirkannya. Ia tidak dalam kondisi yang sehat setelah dilahirkan karena tidak menangis. Namun kesehatannya berangsur pulih setelah diberikan ASI dan dirawat oleh wanita bernama Joan Marklew.

    2. Pekerjaan besar pertamanya, sebuah puisi berjudul London yang diterbitkan pada tahun 1738 tanpa nama. Puisi tersebut menceritakan tentang tokoh bernama Thales yang pergi ke Wales untuk meninggalkan berbagai masalah yang ada di London, seperti kemiskinan, korupsi, dan menjadi tempat kriminalitas. Samuel Johnson baru diketahui sebagai penulis puisi tersebut 15 tahun kemudian.

    3. Kamus yang diterbitkannya memiliki 42.773 kata dan adalah yang terlengkap pada saat itu. Sejumlah kata yang diciptakan Samuel Johnson pada kamusnya adalah: dull (membosankan), lexicographer (penulis kamus), mouth-friend (seseorang yang berpura-pura menjadi teman), oats (gandum), pension (pensiun), dan stockjobber (seorang bangsawan rendah yang mendapatkan uang dari membeli dan menjual saham).

    4. Meskipun terbilang sebagai seorang yang sukses, Samuel Johnson sering terlilit utang dan memiliki sedikit keberuntungan dengan wanita. Istrinya yang bernama Tetty memiliki kecanduan alkohol dan akhirnya meninggal sebelum kamusnya selesai pada tahun 1752. Ia kemudian jatuh cinta kepada seorang yang sudah menikah bernama Hester Thrale. Namun ketika suami Hester meninggal, wanita tersebut pergi ke Italia untuk menikahi guru musiknya.

    5. Samuel Johnson pernah dipenjara akibat utang pada tahun 1756 dan dibebaskan dari penjara setelah dipinjamkan uang oleh penulis sekaligus penerbit bernama Samuel Richardson. Sayangnya ia kembali masuk penjara dengan alasan yang sama pada tahun 1758. Kali ini, ia dibebaskan setelah mendapatkan uang dari Jacob Tonson yang mengontraknya untuk menerbitkan Shakespeare



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below