5 Hal yang Terjadi Jika Anda Kekurangan Serat


  • 5 Hal yang Terjadi Jika Anda Kekurangan Serat
    (Foto: Lum3n.com/Pexels)

    Meskipun sayur dan buah-buahan memiliki cita rasa yang segar dan manis, mungkin ada beberapa dari Anda yang masih 'lalai' mengonsumsi makanan kaya akan serat ini.
    So ladies, berikut adalah informasi penting yang perlu diketahui dan bisa saja terjadi pada tubuh Anda jika kekurangan makanan berserat.

    1. Susah buang air besar

    Gangguan kesehatan inilah yang paling umum diketahui oleh khalayak jika jarang mengonsumsi serat. Di dalam tubuh, serat membantu mencerna makanan yang masuk ke dalam perut dan merangsang gerakan usus agar lebih licin. Jika Anda jarang mengonsumsi sayur dan buah, maka sisa makanan akan lebih sulit dikeluarkan dan berujung pada sembelit.

    2. Berat badan terus menaik

    Serat berfungsi untuk mengendalikan berat badan Anda. Tanpa makanan berserat, Anda akan merasa lapar secara terus-menerus sehingga nafsu makan semakin tinggi dan tak terkendali. Selain itu, manfaat lain dari mengonsumsi serat adalah untuk mengikat tumpukan lemak dan membantu mengurangi kadar lemak keseluruhan. Pastikan untuk menjadikan serat sebagai sahabat Anda!

    3. Meningkatnya kadar gula darah

    Makanan berserat membantu mengendalikan kadar gula darah dengan menekan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Sayur dan buah yang kaya akan serat memiliki kandungan indeks glikemik yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

    4. Infeksi saluran pencernaan

    Tak hanya sembelit, kekurangan makanan berserat dapat memicu terjadinya iritasi usus, radang usus besar, serta kolitis ulseratif (radang usus dan rektum). Semua gangguan tersebut merupakan peradangan yang terjadi dalam organ pencernaan. Sedangkan zat gizi dalam serat mampu melindungi organ pencernaan dari peradangan tersebut.

    5. Meningkatnya risiko penyakit jantung

    Penelitian menyebutkan bahwa salah satu kerugian yang didapat dari kurangnya konsumsi serat adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Kemampuan serat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang merupakan faktor utama memicunya penyakit jantung.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below