Putus Setelah Lama Berpacaran? Lakukan Ini


  • Putus Setelah Lama Berpacaran? Lakukan Ini
    (Foto: Shutterstock/Clickphotos)

    Faktanya, menjalin hubungan dalam waktu lama bukanlah jaminan bahwa dua orang tidak akan berpisah.

    Hey, ada banyak hal yang bisa dilakukan sesaat setelah putus cinta. Berikut adalah tipsnya:

    1. Menangis Jika Perlu

    Adakalanya menangis diperlukan untuk mengeluarkan segala emosi yang ada dalam diri. Lakukanlah dan jangan malu! Hal ini akan membuat Anda jauh lebih lega secara psikologis. Tapi ingat, jangan lebih dari satu minggu, ya. Sebab kesedihan yang berlarut-larut bisa menyebabkan datangnya banyak penyakit baru, lho.

    2. Belajar dari Masa Lalu

    Lakukan meditasi sederhana untuk membuang banyak energi negatif yang menggerayangi. Introspeksilah dan jadikan kesalahan-kesalahan yang ada sebagai pelajaran berharga di masa yang akan datang. Selain itu, hal baik yang pernah Anda lewati berdua juga jangan dikesampingkan.

    Jadikan modal baik untuk kemudian hari. Menjalin hubungan yang lama dengan seseorang tentu akan sulit membuat Anda bisa menerima orang baru. Just don't! Karena nantinya Anda sendiri yang akan merasa rugi.

    3. Tunjukkan bahwa Anda baik-baik saja

    Terlepas dari segala penyebab berakhirnya hubungan Anda berdua, tunjukkanlah bahwa you're totally okay. Stop memasang status galau atau memberi caption foto dengan nuansa haru biru.

    Unggah hal-hal positif dan menyenangkan. Kalau bisa, letakkan foto super cantik atau super seksi Anda pasca break-up. Dengan begitu, Anda sebenarnya sedang mempersilahkan energi positif masuk kembali.

    4. Traveling

    Ini penting. Pergilah bersama teman-teman, orang terdekat, bahkan sendirian jika Anda mau. Perjalanan akan memberi Anda kegembiraan yang akan sedikit menghapus luka yang tengah dirasa. Selain itu, konkesi Anda dengan alam akan memberi banyak pengaruh baik bagi kondisi hati yang sedang tak menentu. Percayalah, Anda akan lekas pulih.

    5. Jangan berhubungan dulu dengan mantan

    Meski tak baik untuk terus menerus dilakukan, namun harus ada tenggat waktu di mana Anda dan mantan harus memutus komunikasi terlebih dahulu. Kontak-mengontak akan membuat salah satu pihak atau bahkan keduanya lemah pendirian yang berujung pada pertemuan kembali.

    Bertemunya Anda dan mantan secara cukup rutin akan makin mempersulit usaha move-on. Emosi Anda pun akan labil dan cenderung susah dikontrol. Masalah akan berputar di situ-situ saja dan tidak akan ada jalan keluar.

    Anda pun akan bersedih dan bersedih terus. Buat apa? At leas hal pertama yang harus Anda lakukan itu adalah menyelamatkan diri Anda sendiri dari drama-drama yang, sorry to say, tidak penting!

    6. Sendiri dulu

    Tak ada salahnya menjadi single. Nikmati waktu sendiri yang dipunya sepuas-puasnya sampai siap untuk menerima orang baru masuk dalam hidup Anda lagi. Punya pasangan tak lama setelah putus bukanlah pilihan tepat.

    Bisa jadi keputusan itu hanya dilakukan karena Anda merasa kesepian saat telah terbiasa berdua. Jangan jadikan orang baru sebagai pelarian karena selain menyakitkannya, Anda pun tidak bakal nyaman menjalani hubungan tersebut. Biarkan memori lama terkikis sedikit demi sedikit dahulu.

    Jangan paksa diri untuk beradaptasi dengan new one ketika Anda sendiri belum mampu untuk meng-ajeg-kan hati. Hey, cinta itu bukan untuk dipaksakan. Jadi biarlah semua terjadi apa adanya.

    7. Lingkupi diri dengan teman-teman yang suportif

    Berada di tengah teman-teman yang punya aura positif, suportif, dan bisa membuat Anda bahagia adalah pilihan terbaik yang juga harus dilakukan pasca retaknya asmara. Selain bisa membuat Anda tertawa, mereka juga punya peran dalam membuktikan bahwa Anda pun bisa bahagia tanpa mantan Anda. So, artinya tidak ada alasan untuk merasa tidak baik-baik saja, kan?

    Bahkan, Anda bisa dengan bebas berteman dengan seluruh teman pria yang Anda mau. Bukan untuk rebound, tapi untuk memberi tahu Anda bahwa Anda harus terbuka untuk mengenal pria lain yang bisa jadi jauh lebih menyenangkan dan pas untuk Anda nantinya.

    8. Perbanyak Olahraga

    Lari di treadmill, mengangkat beban, yoga, atau olahraga apa pun yang Anda lakukan akan membuat Anda lebih mudah move-on. Selain bisa memperbaiki mood, nayatanya olahraga terbukti mampu melepas endorfin berlebih yang seringkali membuat Anda bersedih.

    Oleh sebab itu, dua kenuntungan yang akan Anda dapat saat rutin berolah raga adalah, membuang segala pikiran negatif dan tentu saja, badan yang luar biasa fit dan extremelly hot

    9. Membaca 

    Membaca buku atau tulisan yang berisi nasehat-nasehat positif ternyata terbukti bisa mengobati hati dari rasa sedih dan stress. Bacalah sebelum tidur atau dikala senggang untuk sedikit menyirami diri Anda dengan masukan-masukan positif yang bermanfaat.

    10. Maafkan dan mulai lupakan

    Forgive and forget. Kalimat ini seringkali terdengar menyebalkan karena agak terasa mudah untuk dilakukan. Nope! Kami tak menyuruh Anda untuk mengaplikasikannya secara isntan sebab kami tahu semua butuh proses.

    Pelan-pelan, sambil melakukan 9 cara di atas, Anda harus bisa memaafkan dan melupakan mantan Anda selekasnya untuk masa depan yang lebih baik. Percayalah semua bisa terwujud karena waktu akan mengobati luka hati dengan sendirinya.

    Be Happy, ladies!