6 Tips Berbelanja dengan Kartu Kredit di Luar Negeri


  • 6 Tips Berbelanja dengan Kartu Kredit di Luar Negeri
    Foto: Pandora Image/Shutterstock

    Sebelum menggunakan kartu kredit di luar negeri, ketahui dulu aturan-aturan berikut ini!


    1. Informasikan rencana bepergian



    Beritahu bank yang mengeluarkan kartu kredit tentang lokasi serta waktu kepergian. Penggunaan kartu di luar negeri secara tiba-tiba bisa dideteksi sebagai aktivitas mencurigakan dan terancam diblokir.


    2. Cek batas pemakaian

    Agar lebih efektif, ketahui limit kartu kredit sebelum berangkat supaya transaksi tidak ditolak akibat melampaui batas pemakaian. Ada baiknya untuk membawa lebih dari satu kartu untuk berjaga-jaga.


    3. Perhatikan jenis kartu

    Bawalah jenis kartu yang diterima di banyak tempat seperti UOB Lady’s Card yang menggunakan layanan Mastercard. Misalnya apabila Anda sedang ke Singapura, bawalah kartu tersebut karena akan ada banyak diskon dan penawaran menarik di sana.*


    4. Bayar dengan mata uang lokal

    Sejumlah toko memiliki fasilitas dynamic currency conversion untuk memudahkan pembelinya membayar dengan mata uang negara asalnya, sehingga tak perlu sulit menghitung sendiri. Tolak tawaran untuk membayar dengan mata uang lain selain yang digunakan di negara tersebut karena kurs tukar yang digunakan cenderung lebih tinggi daripada yang ditawarkan oleh kartu kredit.


    5. Simpan struk belanja

    Meskipun akan menerima bukti belanja secara digital, simpan juga struk yang didapat dari kasir. Hal ini bisa memudahkan Anda dalam mengurusi pengembalian pajak atau mengembalikan barang ketika tidak memiliki akses internet.


    6. Pertolongan darurat

    Gunakan fitur pengecekan kartu kredit secara daring untuk membantu Anda melihat riwayat belanja dan mendeteksi jika ada kesalahan transaksi. UOB memiliki contact center yang beroperasi selama 24 jam, sehingga bisa langsung dihubungi begitu tiba di Tanah Air.


    Info Tambahan

    Manfaatkan promosi

    Lady’s Reward menyediakan penawaran menarik di 1000 toko di Singapura, tiga kali points rewards untuk setiap transaksi ritel di kategori fashion, pasar swalayan, department store dan e-commerce, Top Spender Mastercard Resort World Sentosa Singapore, serta kesempatan memenangkan paket liburan gratis bagi pengguna tertinggi kartu kredit Lady’s Card dan Preferred Platinum Mastercard. Selama periode 1 Agustus – 30 November 2017, UOB menyediakan paket liburan termasuk dua tiket PP Singapura, menginap di hotel pilihan Resorts World Sentosa, tiket Universal Studios Singapura, S.E.A. Aquarium, hingga Adventure Cove Waterpark.






 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below