Tips Perawatan Gaun Pernikahan


  • Tips Perawatan Gaun Pernikahan
    Foto: Dok. Pixabay/Pexels/Clickphotos

    Setiap pengantin tentu menginginkan gaun pernikahannya sesempurna mungkin, sesuai dengan yang sudah didambakan sejak lama. Segala usaha (dan biaya) dikerahkan demi mewujudkannya. Namun setelah pesta pernikahan usai, apa yang terjadi? Apakah gaun tersebut akan Anda wariskan kepada adik atau anak perempuan Anda kelak? Atau sebatas ingin Anda simpan sebagai kenang-kenangan?


    Bagaimanapun, jika Anda memutuskan untuk tetap menyimpannya, gaun pernikahan membutuhkan perhatian khusus sehingga diperlukan teknik pembersihan, penyimpanan, dan perawatan yang benar.
    Ikuti tips berikut untuk menjaga gaun pengantin Anda dalam kondisi prima dari waktu ke waktu.

    Sebelum Hari-H

    Apabila perancang menyerahkan gaun Anda menggunakan gantungan berbahan plastik, segera ganti dengan gantungan yang memiliki bantalan. Mengingat gaun pengantin biasanya memiliki bobot yang cukup berat, gantungan yang memiliki lapisan bantalan akan mencegah bagian pundak gaun berubah bentuk atau melar. Setelah itu, tetap simpan gaun di dalam kantung yang diberikan oleh perancang agar tidak terekspos dengan debu. Letakkan di tempat yang sejuk dan kering (tidak lembap). Beberapa hari menjelang hari-H, keluarkan gaun dari kantung dan gantung di tempat yang tinggi, pastikan bagian bawah gaun tidak menyentuh lantai. Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan kusut atau kerutan bagian rok dan train pada gaun.

    Setelah Hari-H
    Setelah resepsi pernikahan berlalu, sebaiknya segera membawa gaun Anda ke laundry profesional. Jangan sampai noda terlalu lama dibiarkan sehingga lebih sulit dibersihkan. Pastikan servis laundry yang Anda pilih bisa mengidentifikasi noda apa saja yang menempel pada gaun, dapat melakukan teknik pembersihan yang lembut terhadap detail-detail istimewa seperti payet hingga bahan yang rentan rusak.

    Setelah Dibersihkan

    Berbeda dengan teknik penyimpanan sebelum hari pernikahan, kali ini simpan gaun Anda dalam keadaan dilipat, balut dengan kertas crepe, dan letakkan dalam sebuah box. Menggantungnya terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan, terlebih jika gaun pengantin Anda memiliki bobot berat. Pastikan Anda meletakkan box tersebut dalam tempat yang sejuk, gelap, dan tidak lembap.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below