Life & health

Ekshibisi Lukamba Nduma Luri Pamerkan Tenun Sumba Timur

By : Yolanda Deayu - 2017-08-10 23:49:00 Ekshibisi Lukamba Nduma Luri Pamerkan Tenun Sumba Timur

Sebagai negara yang besar, Indonesia tentunya kaya akan warisan tradisional yang harus dilestarikan, salah satunya adalah kain tenun. 

Yayasan Dian Sastrowardoyo pun berkolaborasi dengan Plaza Indonesia dan Samsung Galaxy S8 | S8+ untuk menyelenggarakan pameran bertajuk "Lukamba Nduma Luri - benang yang memberi ruh, kain yang memberi hidup" untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

(Baca juga artikel: Camila Cabello Meluncurkan Dua Lagu Baru)

"Saya mempunyai minat dan kecintaan yang besar terhadap kain tradisional Indonesia, bahkan mungkin bisa disebut bahwa itu adalah sakah satu soft spot saya," ungkap Dian Sastrowadoyo selaku Penggagas Yayasan Dian Sastro Wardoyo.

Ekshibisi yang menampilkan foto, video, dan instalasi kain tenun tradisional dari Sumba Timur ini akan berlangsung pada 6-31 Agustus 2017 di Plaza Indonesia.

Dian menambahkan, "Buat saya, setelah mengenal Sumba, saya jadi makin kagum atas kekayaan budaya di sana. Dari alamnya yang indah, penduduk yang ramah dan tradisi yang kental dalam kehidupan sehari-hari, sampai dengan keindahan kain tenunnya."

Penggalangan dana melalui penjualan kain tenun koleksi Kelompok Penenun Lukamba Nduma Luri di Sumba Timur juga dilakukan pada acara ini. Nantinya, keuntungan penjualan akan digunakan untuk pengadaan akses air bersih di Wairinding serta renovasi rumah adat Prainatang di Sumba Timur.

Selain untuk mendukung komunitas penenun lokal, Yayasan Dian Sastrowadoyo juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap daerah Sumba Timur adalah salah satu destinasi wisata yang kaya akan budaya dan memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Life & health