Tips Wawancara Kerja Di Bidang Perhotelan


  • Tips Wawancara Kerja Di Bidang Perhotelan
    (Foto: Photographee.eu/Shutterstock/Click Photos)

    JobStreet akan membagikan tips agar Anda berhasil melakukan interview pekerjaan di bidang perhotelan. Berikut adalah tujuh pertanyaan kunci yang harus siap Anda jawab.

    1.Apa yang paling Anda senangi dengan bekerja di bidang perhotelan?
    Maksudnya: Pewawancara ingin tahu  profesi apa yang memotivasi Anda dan tetap  membuat Anda  terinspirasi.
    Cara terbaik untuk menjawabnya:
    Berdasarkan pada pengalaman pribadi, bicarakan mengenai aspek dari dunia perhotelan yang menurut Anda menarik, misalnya tantangan sehari-hari dalam melayani pelanggan, interaksi sosial, penghargaan, tantangan, dll. Jadikan hal tersebut personal dan spesifik.

     
    2. Menurut pendapat Anda, kualitas apa yang harus dimiliki oleh seseorang agar dapat sukses dalam dunia perhotelan?
    Maksudnya: Ini adalah cara halus untuk membaca kepribadian dan nilai diri Anda.
    Cara terbaik untuk menjawabnya:
    Kenali beberapa ciri dari dunia perhotelan dan bagikan pemikiran Anda mengapa hal tersebut penting. Anda juga bisa mengambil contoh dari pekerjaan sebelumnya yang menggambarkan kualitas yang langkahnya diikuti sampai sekarang.
     
    3. Seberapa pentingkah layanan pelanggan menurut Anda?
    Maksudnya: Pertanyaan ini memungkinkan pewawancara untuk mengukur sikap Anda terhadap layanan pelanggan dan kemampuan dalam hal tersebut.
    Cara terbaik untuk menjawabnya:
    Tunjukkan sisi asli dari kepribadian Anda, daripada menunjukkan antusiasme yang dibuat-buat untuk sebuah tugas yang sulit. Sebagai gantinya, bagikan perspektif Anda mengapa layanan pelanggan yang baik menjadi salah satu instrumen penting untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
     
    4. Gambarkan dengan jelas saat Anda harus berurusan dengan pelanggan yang marah. Bagaimana cara Anda menenangkan pelanggan tersebut dan mengatasi situasi?
    Maksudnya: Pewawancara ingin mengukur bagaimana cara Anda mengambil langkah yang tepat dalam situasi tertekan. Inilah kesempatan Anda untuk menunjukkan siapa diri Anda. Kata kuncinya adalah berkesan.
    Cara terbaik untuk menjawabnya:
    Tunjukkan kemampuan kreatif Anda dalam memecahkan masalah dengan cara memahami orang orang di sekitar dan menjadi contoh dalam hal menenangkan pelanggan yang marah. Jadikan kesempatan ini untuk membuat kesan yang abadi.
     
    5. Pernahkah Anda harus membuat tamu kecewa? Mengapa begitu, dan bagaimana Anda menangani situasi ini?
    Maksudnya:
    Ini adalah fakta bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Pewawancara ingin tahu apakah Anda bisa menghadapi tantangan dengan profesionalisme yang tinggi.
    Cara terbaik untuk menjawabnya:
    Inilah situasi dimana pengalaman dapat membuat perbedaan. Jika Anda pernah bekerja di industri perhotelan selama beberapa tahun, sudah tidak diragukan lagi pasti menemukan masalah seperti ini. Ambil beberapa contoh yang menggambarkan keragaman dan keluwesan dalam hal pendekatan untuk meyakinkan bahwa Anda memiliki pengalaman yang cukup.
     
    6. Apa tantangan terbesar Anda ketika bekerja di bidang perhotelan, dan bagaimana menghadapinya?
    Maksudnya:
    Pewawancara ingin mengidentifikasi kelemahan Anda dan mengevaluasi kinerja Anda di bawah tekanan.
    Cara terbaik untuk menjawabnya:
    Ambil contoh di mana Anda dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan dan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam menanganinya. Jangan takut untuk  bicara jujur, karena menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk memperbaiki merupakan hal terpenting.
     
    7.Apa prestasi paling penting yang pernah Anda raih sampai saat ini?
    Maksudnya:
    Pewawancara ingin melihat: Bagaimana Anda menunjukkan prestasi kepadanya, dan penerapan keterampilan yang Anda miliki.
    Cara terbaik untuk menjawabnya:
    Pikirkan contoh spesifik yang menunjukkan kekuatan dan keterampilan Anda sebagai karyawan perhotelan yang profesional. Misalkan saat Anda menciptakan rekor baru dalam bidang layanan pelanggan atau menerapkan proses baru yang dapat meningkatkan penjualan atau produktivitas tim. Sertakan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasi rintangan yang dihadapi.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below