Begini Cara Packing yang Benar ala Backpacker


  • Begini Cara Packing yang Benar ala Backpacker
    Photo: Shutterstock/ NAR Studio

    Kalau Anda suka bepergian ala backpacker (dengan hanya membawa ransel besar tanpa perlu koper), pasti Anda tahu repotnya packing di dalam tas itu. 

    Berikut adalah cara mengepak yang benar agar Anda tak lagi merasa kesulitan.




    Tentukan Destinasi

    Apa yang akan Anda bawa tentu tergantung dari destinasi yang dituju. Siapkan pakaian dan perlengkapan pribadi seperlunya.


    Jika tempat yang akan dituju beriklim dingin, maka satu jaket tebal saja cukup untuk melindungi Anda selama di tempat tujuan. Tak usah bawa beragam jenis coat hanya agar tampak bagus ketika difoto. Ingat, space yang tersedia dalam ransel tak sama dengan yang tersedia pada koper. Meski ruangnya lebih luas, namun bentuknya bulat sehingga pengaturan jadi agak lebih tricky. 


    So, sebisa mungkin perhatikan jumlah barang bawaan dan besar kecilnya benda yang akan masuk ke situ, ya


    Lebih menguntungkan lagi jika Anda bepergian pada saat musim panas.  Bawalah baju-baju bebahan tipis karena selain lebih nyaman digunakan untuk beraktivitas, baju tipis juga mudah diselipkan di berbagai rongga tas. Ringan dan bisa menambah extra pieces untuk gonta-ganti. 


    Atur Lapisan Beban

    Jadi, tips utamanya adalah begini. Kalau bawaan Anda banyak namun ingin tas tetap ringan dipanggul, maka jangan taruh beban berat di bagian atas atau bawah, melainkan pada bagian tengah ransel tepatnya di area dekat punggung. Lapisan ini penting diperhatikan karena jika Anda sudah keberatan terlebih dahulu sebelum jalan, maka energi akan lebih cepat habis nantinya.


    Punggung punya kemampuan yang lebih besar dalam menopang beban. Selain itu, massa yang ada akan terbagi rata ke seluruh area belakang badan. Jadi tak tertumpu pada satu titik saja. Jika Anda taruh beban berlebih di bawah, maka pinggul dan bokong akan cepat lelah. Begitu pula jika di atas. Area leher dan bahu akan lekas capai.


    Pilih Tas Dengan Benar

    Semakin bahan tas ransel Anda kuat, maka semakin aman ketika Anda gunakan bepergian ke berbagai destinasi yang menantang. Selain itu, memilih atau membeli tas yang ringan juga penting. Ada tas-tas yang meski bahannya kuat, tapi ia tipis dan sangat enteng. Maka ketika akan dimasukkan ke bagasi pesawat, Anda akan dapat beberapa ekstra kilo untuk dibawa. Be smart


    Organisasi 'penting-takpenting'

    Pegorganisasian ini wajib Anda pahami. Taruh barang paling tidak penting di baagian paling bawah, dan yang paling penting di bagian paling atas.


    Jadi kalau mau diurutkan, semakin ke atas harus semakin penting. Seperti misalnya obat-obatan pribadi, buku yang ingin Anda baca ketika sedang menunggu lama, earphone, charger, handphone, atau bahkan jaket yang bisa membantu Anda merasa tak kedinginan selama di perjalanan wajib ditaruh tidak jauh dari bagian dekat kepala.


    Atau jika ada kantung depan, maka Anda bisa menaruhnya di situ karena harus mudah digapai dalam waktu singkat.


    Bungkus Berdasarkan kegunaan atau Jenis Barang

    Sebenarnya ini opsional. Namun untuk banyak orang cara ini amat membantu. Pisahkan barang sesuai fungsinya. Misalnya pakaian, alat mandi, pakaian dalam, dan lain sebagainya. Setelah itu, satukan di dalam plastik zip atau kantung plastik biasa dan masukkan ke dalam tas.


    Selain lebih mudah merapihkannya kembali, Anda pun jadi lebih gampang untuk mengambil yang Anda mau ambil karena sudah terpisah secara spesifik. Bersih, jelas, dan sangat memudahkan.


    Atur Posisi Tas

    Saat berjalan, satu hal lagi yang wajib Anda ketahui. Ketika memakai ransel, cara paling benar adalah menjatuhkan bagian bawah ransel persis di bagian atas bokong.


    Jangan sampai lebih rendah dari bokong atau tepat berada di depan bokong. Hal ini akan menyulitkan Anda saat berjalan dan beban juga akan terasa lebih berat. Hal ini pun tidak baik untuk kesehatan dan postur tubuh Anda. Lebih mudah bongkok, dan linu di sekitar pinggang bawah.


    Pastikan Semua Masuk dengan Rapi

    Terakhir, pastikan semua barang bawaan Anda bisa masuk dengan rapi.


    Jangan biasakan menggantung atau menaruh baarang bawaan di bagian luar tas. Meski terkadang pada ransel bagian luar terdapat kantung-kantunng kecil tempat menaruh bawaan ekstra, namun ada baiknya hal itu dihindari kecuali untuk menaruh minuman atau snack.


    Benda yang terletak di luar akan mudah hilang akibat terjatuh atau diambil orang. Maka hindari sebisanya. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below