Cara Belajar Fotografi Sendiri


  • Cara Belajar Fotografi Sendiri
    (Foto: Rohappy/Shutterstock/Click Photos)

    Memiliki keahlian dalam fotografi bisa berguna disaat-saat yang tak terduga, misalnya ketika liburan. Anda juga bisa memanfaatkan keahlian ini sebagai sumber penghasilan tamabah misalnya dengan menjadi fotografer di pernikahan saudara atau acara ulang tahun teman.

    Berbagai jenis kamera mulai dari yang mudah digunakan seperti kamera ponsel dengan mode profesional hingga kamera profesional DSLR yang harganya mencapai puluhan juta rupiah telah tersedia di pasaran.

    Namun untuk pemula, Anda tak perlu membeli kamera mahal. Cukup beli kamera yang memiliki fitur-fitur dasar supaya lebih mudah untuk dipelajari dan memiliki fondasi yang kuat terlebih dahulu.



    Kamera seperti Nikon D3300 atau Canon EOS 750D bisa digunakan untuk pemula yang baru ingin belajar fotografi.

    Mencoba-coba sendiri adalah salah satu cara untuk belajar yang baik. Namun jika Anda masih buta sama sekali tentang fotografi, ada baiknya untuk belajar dari buku, seperti 7 Hari Belajar Fotografi oleh Herry Tjiang atau 50 Kasus Fotografi oleh Alfa Hartoko,

    Anda juga bisa memanfaatkan situs tentang fotografi untuk menggali ilmu lebih dalam lagi, misalnya Fstoppers, SLR Lounge atau Popular Photography.

    Setelah sudah mengerti dasar-dasar dan mampu mendapatkan hasil foto yang baik, Anda bisa mulai belajar menggunakan berbagai jenis kamera lain dan menerapkan teknik yang sudah dipelajari sebelumnya.