Lakukan Ini Sebelum Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama


  • Lakukan Ini Sebelum Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama
    (Foto: @kendalljenner/instagram)

    Siapa yang tidak senang jika akan pergi berlibur dalam waktu yang lama? 

    Tentu banyak hal-hal yang harus dipersiapkan karena hendak meninggalkan rumah dalam waktu yang lama, salah satunya adalah mempersiapkan mobil agar tetap terjaga meskipun tak digunakan untuk beberapa minggu.

    Pastikan Anda melakukan 6 hal ini demi stamina mobil kesayangan tetap terjaga!



    Isi angin ban

    Ban mobil yang didiamkan terparkir dalam jangka waktu panjang berisiko untuk memiliki flat spot karena menahan beban kendaraan yang berat, dan bisa bersifat sementara atau pun permanen. Dampak dari kerusakan ban tersebut akan menyebabkan guncangan ketika mobil sedang berjalan.

    Cegah dengan mengisi angin ban sesuai rekomendasi atau melepaskan ban dan gunakan dongkrak penyangga hingga Anda kembali dari liburan.

    Lepaskan rem tangan

    Rem tangan yang bekerja terlalu lama dapat menyebabkan bantalan rem menempel dengan piringan. Mengganjal ban dengan pengganjal roda akan menggantikan fungsi rem tangan dan menahan mobil supaya tidak bergerak.

    Simpan di garasi

    Menyimpan mobil di dalam garasi akan jauh lebih aman dari serangan orang iseng atau hewan liar. Bisa saja alat transportasi utama Anda menjadi tempat tinggal binatang kecil seperti laba-laba hingga tikus karena tidak digunakan dalam waktu lama.

    Buat lingkaran mengelilingi mobil menggunakan kapur baru sebagai penangkal para tamu yang tak diundang.

    Menyimpan di garasi juga akan membuat kendaraan terlindung dari air hujan dan teriknya matahari yang bisa merusak lapisan cat mobil.

    Bersihkan luar dalam

    Pernah mengonsumsi makanan di dalam mobil? Pastikan Anda telah membang sampahnya agar tidak membusuk saat ditinggal liburan.

    Sikat ban untuk menghilangkan tanah dan lumpur yang telah mengering.

    Bersihkan juga bagian luar mobil dari noda air dan kotoran burung agar tidak merusak cat.

    Jaga baterai mobil

    Daya baterai mobil akan menghilang jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Mintalah bantuan dari kerabat atau sahabat yang tinggal di dekat rumah untuk memanaskan mobil setidaknya satu minggu sekali dan mengendarainya sambil mengelilingi area rumah selama 10 menit. 

    Solusi lain adalah mencabut kabel negatif pada baterai.

    Asuransi

    Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang tak terduga, pastikan asuransi mobil masih berlaku dan dapat diklaim jika terjadi sesuatu.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below