Tips Menghadapi Pasangan yang Sangat Pemalu


  • Tips Menghadapi Pasangan yang Sangat Pemalu
    (Foto: Ollyy/Shutterstock/Click Photos)

    Memiliki pasangan yang sangat pemalu terkadang dapat membuat bingung, apalagi jika Anda adalah orang yang extrovert.

    Hal ini bisa memicu rasa canggung ketika Anda mencoba mengenalkannya kepada teman-teman atau keluarga.

    (Baca juga artikel: Tips Membawa Pasangan Saat Silaturahmi Lebaran)

    Namun jangan sampai perbedaan ini menjadi penghalang bagi kalian dalam menjalani hubungan. Tak perlu juga menyalahkan dirinya atau diri sendiri karena sifat pemalu tersebut.

    Jiwa pemalu bisa tumbuh karena berbagai macam faktor, misalnya karena ia pernah ditindas dan dipermalukan saat sekolah hingga akhirnya terbawa sampai sekarang atau juga karena ia adalah anak tunggal, sehingga tidak terbiasa berbicara dengan orang asing sejak kecil.

    Tak perlu diambil pusing karena Anda bisa berinisiatif untuk membantunya mengatasi hal ini dan membuatnya menjadi lebih berani dalam bersosialisasi.

    Cara paling mudah adalah dengan tidak memaksanya melakukan hal yang membuatnya tak nyaman dan mengajak kencan yang tidak membuatnya terasa terintimidasi, seperti menonton film di bioskop.

    Anda juga bisa mengasah kemampuan berkomunikasinya dengan mengajak berdiskusi dan menanyakan pertanyaan yang terbuka, yaitu pertanyaan yang tidak diakhiri dengan jawaban ya atau tidak. Hal ini membuatnya harus menjelaskan topik yang sedang diperbincangkan dan ia pun akan berbicara lebih banyak.

    Namun pastikan untuk tidak memilih topik yang sensitif dan membuatnya merasa tidak nyaman.

    Berbicara melalui media komunikasi seperti instant messenger pun bisa dijadikan sebagai alternatif. Ia akan merasa lebih nyaman dan tenang karena tidak harus berbicara secara langsung sambil bertatapan mata.

    Tak ada salahnya untuk memberikan pujian ketika ia berhasil mengalahkan rasa malunya.

    Jadi tak perlu resah jika memiliki pasangan yang sangat pemalu karena Anda tentu bisa membantunya menjadi seorang yang lebih baik.