Burberry Hadirkan Pameran Tales of A Trench Coat


  • Burberry Hadirkan Pameran Tales of A Trench Coat
    Foto: Dok. Graha Citra Prima

    THE HISTORY

    Trench coat dengan segala intrikasinya memang telah membuat banyak orang jatuh cinta. Burberry di bawah arahan Christopher Bailey, konsisten menjadi rumah mode yang akan terus melestarikan warisan gaya khas Inggris tersebut. Trench coat buatan Burberry sendiri telah berevolusi selama lebih dari 100 tahun, dan selalu berhasil menampilkan gaya klasik namun tetap dengan beberapa inovasi desain.

    Memiliki nama berasal dari tempat perlindungan militer, trench coat memiliki sejarah yang seru untuk diulas. Berawal pada tahun 1879 dimana Thomas Burberry menciptakan sebuah trench coat yang kala itu masih bernama gabardine revolutionized rainwear. Garbadine adalah sebuah kain yang terbuat dari benang tenun dalam sebuah konstruksi, dengan lebih dari 100 jalinan benang per sentimeternya.



    Dengan kecanggihannya itu, kain ini didaulat untuk menjadi pakaian tetap para petualang yang melakukan ekspedisi ke kutub. Seperti pada tahun 1098 – 1099 dimana Sir Ernest Shackleton berhasil melakukan ekspedisi ke Antartika menggunakan gabardine dari Burberry untuk melindungi diri sekaligus mesin dari kendaraannya.

    Seiring dengan berjalannya waktu, desain pada trench coat ini pun terus berevolusi. Dari berbagai ornamen untuk pelindung hujan hingga inovasi yang lebih modern seperti ikat pinggang, trench coat tetap konsisten dengan fungsi awalnya. Detail Epaulette yang dibuat untuk menunjukan jabatan para militer, kini terus dipertahankan sebagai salah satu trademark dari trench coat.

    Kini, Burberry menghadirkan lebih banyak variasi pada trench coat dengan beberapa injeksi tren terkini, material beragam, dan pilihan warna yang lebih variatif. Selain itu, sang rumah mode pun menawarkan jasa personalisasi, dimana trench coat bisa ditambahkan inisial di berbagai area dengan pilihan bentuk tulisan, jenis benang dan warna yang beragam.

    THE EXHIBITION
        Keseluruhan cerita sejarah dari trench coat tersebut di tampilkan dalam sebuah pameran bertajuk “Tales of a trench coat”. Pameran ini juga sekaligus sebagai perayaan pembukaan kembali  gerai Burberry di Ion Orchard, Singapura. Sebuah instalasi besar yang menampilkan beberapa mannequin yang mengenakan trench coat dari koleksi musim panas Burberry.

    Selain itu sebuah parasut besar dengan material gabardine pun turut ditampilkan. Memasuki gerai, sebuah replika dari meja kerja sang rumah mode menyapa, berikut dengan alat  yang dibutuhkan untuk membuat sebuah trench coat. Bergerak ke samping kanan, keseluruhan bagian trench coat yang belum “disatukan” dipaparkan untuk menampilkan proses rumit dari pembuatannya.

    Pameran ini merupakan yang pertama di Asia. Setelah Singapura, Sydney dan Bangkok menjadi destinasi selanjutnya dari pameran ini.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below