Life & health

Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Lebaran

By : Amalta Rifani - 2017-06-21 05:21:38 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Lebaran

1. Memasang CCTV

Sudah banyak CCTV yang bisa terhubung dengan smartphone. Keberadaan CCTV dapat membantu Anda untuk memonitor aktivitas rumah dalam jarak jauh selama 24 jam.

2. Memastikan jendela dan pintu terkunci rapat

Tidak ada salahnya mengecek kondisi pintu, jendela, pagar berkali-kali untuk melihat keadaannya sudah tertutup rapat atau belum. Tak hanya itu, pastikan Anda menambahkannya dengan gembok agar lebih aman.

3. Mencabut aliran gas dan listrik yang tidak perlu

Tidak hanya khawatir akan bahaya pencuri, pastikan rumah Anda juga aman dari bahaya konsleting listrik dan kebakaran. Maka dari itu, matikanlah aliran listrik pada barang elektronik yang tidak diperlukan seperti tv, dispenser, komputer, dan AC. Cabut pula selang dari tabung kompor gas agar lebih aman.

4. Memasang fitting lampu otomatis

Dengan memasang fitting lampu sensor otomatis, lampu di luar rumah dapat menyala di malam hari dan padam di siang hari dengan sendirinya. Hal ini bisa menjadi cara efektif agar rumah terlihat di huni dan tidak kosong.

5. Meminta orang yang dipercaya untuk mengecek keadaan rumah

Jika ada keluarga yang tinggal berdekatan dengan Anda tidak ikut mudik, mintalah tolong secara rutin mengecek keadaan rumah Anda. Jalin pula hubungan baik dengan tetangga sekitar rumah untuk melakukan hal yang sama. Selain menjadi orang terdekat di lingkungan, tetangga dapat secara langsung mengawasi kondisi rumah kita.


Life & health