Cara Menahan Emosi Ketika Bertengkar Saat Puasa


  • Cara Menahan Emosi Ketika Bertengkar Saat Puasa
    (Foto: Shutterstock/Clickphotos)

    Puasa tidak hanya menahan lapar, tapi juga emosi dan nafsu. Jika Anda bertengkar dengan pasangan ketika sedang puasa, lakukan 5 hal berikut ini supaya tidak batal.

    (Baca juga artikel: Olahraga yang Baik Dilakukan Selama Bulan Puasa)

    Jangan diambil hati

    Jika penyebab pertengkaran hanya hal sepele, tak perlu diambil hati. Abaikan saja daripada puasa Anda batal akibat hal yang tidak penting.

    Lihat sisi positif

    Sebelum terbawa emosi, coba lihat dari sisi positifnya. Pasangan bisa saja bermaksud untuk memberi motivasi agar Anda menjadi lebih baik lagi, hanya saja dengan penggunaan kata-kata yang salah.

    Pergi

    Pergi lah ke tempat lain untuk meredakan emosi dan menenangkan suasana hati. Lakukan aktivitas lain seperti olahraga, menolong yang membutuhkan, memasak untuk buka puasa dan makan malam, atau tidur.

    Tulis di buku harian

    Tuliskan perasaan yang dirasakan dalam buku harian Anda. Emosi akan terluapkan tanpa harus melakukan hal yang negatif dan membuat puasa Anda batal. Hal tersebut pun bisa dibaca sebagai pengalaman yang lucu di kemudian hari.

    Ingat sedang puasa

    Yang paling penting adalah ingat lah bahwa Anda sedang berpusa dan ini adalah bulan Ramadhan di mana sebaiknya setiap orang saling berbuat kebaikan dan saling memaafkan.