Cara Memakai Kondom Wanita


  • Cara Memakai Kondom Wanita
    (Foto: Look Studio/Shutterstocks/Clickphotos)

    Kondom adalah alat kontrasepsi yang mencegah terjadi kehamilan serta mencegah penularan dari berbagai penyakit menular. Mungkin selama ini Anda hanya tahu kondom yang diperuntukkan bagi pria, nyatanya di era modern saat ini, industri farmasi berhasil menciptakan kondom untuk wanita.

    Kondom ini biasanya berupa tabung plastik berbentuk silinder yang ditempatkan di bagian vagina dan terbilang cukup efektif untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit ataupun mencegah terjadinya kehamilan.

    Bagi Anda yang belum familier dengan kondom untuk wanita ini, berikut cara memakai kondom wanita secara benar:

    1. Buka kemasan kondom menggunakan tangan, namun lakukan dengan hati-hati karena kondom bisa rusak hanya dengan sobekan tangan.
    2. Perhatikan bagian ujung kondom. Pada ujung yang lebih lebar (outer ring), letakkan di bagian luar vagina. Sedangkan ring yang lebih kecil (inner ring), letakkan di bagian dalam vagina.
    3. Pegang ujung kondom yang tertutup dengan salah satu jari hingga membentuk angka delapan. Lalu, gunakan tangan lain untuk membuka bagian bibir vagina.
    4. Kemudian, masukkan kondom ke dalam vagina menggunakan ujung yang tertutup di bagian dalam.
    5. Dorong kondom menggunakan jari telunjuk hingga masuk lebih dalam. Anda bisa menyesuaikan kenyamanan kondom menggunakan jari.
    6. Saat Anda sudah selesai menggunakannya, cabut kondom secara perlahan. Pastikan untuk menutup rapat bagian outer ring agar sperma tidak bocor.

    Itulah cara memakai kondom wanita yang benar. Sudah siap mencoba?