Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag


  • Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag
    (Foto: rangizzz/Shutterstock/Click Photos)

    Asam lambung akan cenderung meningkat lebih cepat ketika perut dalam keadaan kosong khususnya pada siang hari, dan menyebabkan maag.

    Jika Anda menderita maag, Her World akan membantu Anda mengatasinya selama bulan Ramadhan. Berikut tips yang bisa dilakukan bagi penderita maag agar menjalani puasa dengan lancar dan nyaman.

     



    1. Pada sahur, santaplah makanan yang dapat dicerna dengan lambat agar rasa kenyang dapat bertahan lebih lama dan kaya akan karbohidrat.

    2. Penderita maag disarankan memakan makanan yang dipanggang dibanding makanan yang digoreng dan berlemak.

    3. Saat sahur, makanlah mendekati Imsak dan langsung segera berbuka saat Maghrib. Namun jangan menyantap dalam porsi yang besar. Lakukan dengan porsi sedikit namun kerap.

    4. Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka, minum segelas susu saat sahur untuk mengurangi gejala maag, dan hindari minuman asam dan berkafein seperti kopi, teh, dan soda.

    5. Selain minuman, hindari makanan yang meningkatkan asam lambung seperti cokelat, goreng-gorengan, mengandung asam seperti jeruk, lemon, dan tomat, serta cuka, merica, makanan pedas, dan bumbu yang merangsang.

    6. Jangan langsung tidur setelah makan sahur atau makan malam karena dapat meningkatkan risiko asam lambung naik.

    7. Perbanyak mengonsumsi kurma, kacang almond, dan pisang saat berpuasa karena mengandung karbohidrat, serat, dan nutrisi yang tinggi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below