Cara Menjaga Kilau Cincin Kawin


  • Cara Menjaga Kilau Cincin Kawin
    Foto: Dok. KirylV/Shutterstock/Click Photos

    Jangan sampai cincin pernikahan yang Anda dambakan kehilangan kilaunya. Walaupun digunakan setiap hari, benda ini patut mendapatkan perawatan yang tepat agar tidak berubah menjadi kusam. Tidak hanya aktivitas Anda, teknik pembersihan yang salah juga bisa menjad penyebab timbulnya kerusakan pada cincin.

    Jika Anda termasuk orang yang gemar melakukan aktivitas di luar ruangan, atau mengerjakan segala urusan rumah tangga sendiri seperti mencuci, masak, menyapu, mengepel dan lain sebagainya, cincin Anda akan lebih terekspos dengan goresan serta tumpukan minyak dan kotoran. Pergilah ke toko perhiasan untuk membersihkannya secara profesional menggunakan produk yang aman.

    Namun apabila cincin Anda sebatas ternodai oleh produk makeup, pelembap, hairspray, atau parfum, Anda bisa membersihkannya sendiri di rumah. Rendam cincin dalam sebuah wadah berisi campuran air hangat dan sabun cuci piring selama 20 hingga 40 menit, sikat cincin dan berliannya menggunakan sikat gigi yang lembut, kemudian bilas dengan air hangat yang mengalir. Ulangi sekali lagi jika diperlukan.



    Untuk pembersihan di rumah, hindari produk-produk seperti bleach, chlorine, danaseton karena kandungan kimia yang keras di dalamnya dapat merusak lapisan logam pada cincin. Pasta gigi, baking soda, serta pembersih bertekstur bubuk juga sebaiknya dihindari karena sangat berpotensi membuat logam (terutama emas) tergores.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below