Kebiasaan Baik untuk Ditingkatkan Pada Bulan Ramadhan


  • Kebiasaan Baik untuk Ditingkatkan Pada Bulan Ramadhan
    (Foto: wavebreakmedia/Shutterstock/Clickphotos)

    Bulan Ramadhan telah tiba dan manfaatkan kesempatan ini untuk refleksi diri serta menebar kebaikan sebaik-baiknya. Kebiasaan baik banyak rupanya dan mudah dilakukan, tetapi sering kali terlupakan. Berikut adalah kebiasaan baik yang sebaiknya ditingkatkan pada Bulan Ramadhan.

     

    (Baca juga artikel: 4 Buku yang Wajib Dibawa Saat Liburan Panjang)



    Bersyukur

    Manusia cenderung tidak puas dengan yang telah dimiliki dan ingin memiliki yang lebih baik lagi sehingga lupa untuk bersyukur. Biasakan diri untuk selalu mengambil sisi positif dan bersyukur setiap mendapatkan sesuatu meskipun tidak sesuai dengan harapan Anda.

    Menolong

    Tidak hanya membantu orang-orang yang kurang mampu saja dengan menyumbangkan sembako atau materi, tetapi juga menolong teman atau keluarga sendiri dalam hal yang sederhana seperti membantu membawakan barang atau membukakan pintu. Tidak ada salahnya juga untuk menolong hewan liar yang sedang kesusahan di jalanan.

    Memaafkan

    Jangan simpan rasa dendam terutama akibat hal kecil yang tak penting. Buka hati untuk memaafkan agar Anda sendiri pun merasa lebih lega dan tidak kepikiran lagi di kemudian hari.

    Tersenyum

    Salah satu hal baik yang paling mudah untuk dilakukan setiap hari adalah tersenyum. Selain membuat Anda terlihat lebih cantik, tersenyum bahkan ke orang yang tak dikenal sekalipun dapat meningkatkan suasana hati orang tersebut serta Anda sendiri.

    Jujur

    Tentu Anda tidak ingin membuat dosa di Bulan Ramadhan dengan berbohong. Selama tidak melakukan kesalahan, tidak perlu takut untuk jujur kepada keluarga, teman, rekan kerja, atau diri sendiri.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below