Food & travel

Cara Chef Nicole Membuat Sajian Cokelat

By : Kiki Riama Priskila - 2017-05-16 04:16:11 Cara Chef Nicole Membuat Sajian Cokelat

 

Siapa yang tak suka mencicipi cokelat? Kejutkan pasangan dan kerabat dengan cokelat spesial karya Anda dengan mengintip resep mudah dari chef junior, Nicole.

Dessert

Fusion Petit Gateu

Bahan:

Red Velvet Soft Crepe

120 gr tepung serbaguna

1sdt gula kastor

¼ sdt garam

3 btr telur

250 ml susu

1sdm mentega

1sdm bubuk bit

Pewarna merah (optional)

 

Lemond Curd

1 btr telur

1 btr kuning telur

80 gr gula kastor

40 gr mentega

1 bh lemon (peras jus)

 

Chocolate Marmer Cake

125 gr margarin

125 gr gula kastor

125 gr tepung serbaguna

3 btr telur (pisahkan kuning dan putih)

30 gr gula kastor

200 ml whipping cream

200 gr dark chocolate compound

1 sdm bubuk gelatin

Air untuk gelatin

 

Chocolate Mousse

3 btr telur

30 gr gula kastor

200 ml whipping cream

200 gr dark chocolate compound

1 sdm bubuk gelatin

Air untuk gelatin

 

Mirror Glaze

8 gr bubuk gelatin

40 ml air dingin

50 gr air

100 gr gula

100 gr sirup jagung

75 gr susu kental manis

100 gr white chocolate compound

Cara membuat:

  1. Mulai membuatred velvet soft crepedengan mengocok susu dan telur hingga rata. Lalu ayak tepung, bubuk bit, gula, dan garam ke adonan susu dan telur. Lelehkan mentega dan kocok ke dalam adonan. Kemudian, tuangkan sedikit adonan ke dalam panci dan ratakan sehingga terbentuk lapisan tipis. Angkat setelah matang.

  2. Untuk membuat lemon curd, kocok gula dan telur hingga rata, masak bersama mentega dan lemon di dalam sebuah panci. Aduk hingga menjadi kental, angkat, dan dinginkan.

  3. Siapkan bahan-bahan untuk membuat Chocolate Marmer Cake. Kocok mentega dan gula hingga pucat, lalu masukkan kuning telur satu per satu dan aduk rata. Tuang putih telur bergantian dengan tepung lalu aduk. Panggang dengan suhu 170 derajat Celcius selama 20-25 menit.

  4. Untuk membuatchocolate mousseyang lembut, lelehkan cokelat dengan teknik au bain marie.Saat menunggu cokelat meleleh, kocok putih telur dan gula kastor hingga soft peak.Angkat, campur dan gulung adonan putih telur yang fluffyke dalam lelehan cokelat yang sudah sejuk. Kocok juga whipping cream hingga soft peak dan gulung ke dalam adonan. Kemudian, campur air dan gelatin hingga gelatin mengembang, dan gulung ke dalam adonan.

  5. Buat mirror glaze untuk menghias. Campurkan gelatin dengan air, sisihkan. Panaskan air, gula dan sirup jagung hingga larut dan mendidih. Masukan gelatin yang sudah keras dan susu kental manis ke campuran gula. Tuang larutan tersebut ke atas cokelat dan tunggu selama dua menit, lumatkan dengan blender, lalu beri pewarna sesuai keinginan (bahan dasar gel). Suhu terbaik adalah 32 derajat Celcius.

  6. Saatnya menggabungkan red velvet crepes, lemon curd, chocolate marmer cakedan chocolate mousseagar menjadi lapisan yang cantik di dalam Fusion Petit Gateu. Siapkan dua cetakan silikon memanjang dan satu cetakan yang sedikit lebih kecil. Di dalam cetakan yang lebih kecil, buat red crepedan selingkan dengan whipped cream agar terbentuk lapisan crepe.Letakkan lemon curd di atascrepetersebut dan tumpuk denganchocolate marmer cake. Masukkan ke dalam freezer sampai beku.

  7. Di dalam cetakan yang lebih besar, isi 2/3 ruang cetakan dengan chocolate mousse.Keluarkan cetakan pertama dari dalamfreezer dan pindahkan lapisan kue dari cetakan pertama ke cetakan kedua. Tekan lapisan kue pertama ke dalam chocolate mousse,tutup untuk meratakan mousse-nya, lalu bekukan. Setelah beku, keluarkan dari cetakan dan tuang mirror glaze di atasnya, hias, dan hidangkan.

Food & travel