Resep Memasak Ikan Kakap ala Chef Revo


  • Resep Memasak Ikan Kakap ala Chef Revo
    (Foto: Dok. Togi Panjaitan)

     

    Ikan kakap merupakan salah satu jenis ikan yang paling digemari. Simak resep memasak ikan kakap ala Chef Revo berikut untuk jamuan makan yang lezat bersama keluarga.

    Main Course



    Red Snapper with Tomatoes and Eggplant

    Bahan:

    Ikan kakap

    1 terong

    3 siung bawang putih

    6 oven dried cherry tomatoes

    300 gr minyak sayur

    100 gr daun choy sum

    100 gr brown shimeji

    4 tangkai thyme

    Lemon

    Kucai

    Air

    Minyak zaitun

    Cara membuat:

    1. Masak terong menggunakan arang hingga sedikit menghitam dan mengeluarkan air. Setelah terasa lembut, bungkus menggunakan aluminium foil dan diamkan hingga 10 menit. Setelah itu, potong memanjang untuk melepaskan biji dan kulit terong. Lalu, tambahkan minyak zaitun, garam, dan sedikit air lemon.

    2. Persiapkan kakap dengan membuang insang, sirip, ekor, dan durinya. Tambahkan garam pada ikan dan letakkan dalam panci dengan minyak zaitun setelah panci terasa cukup panas. Masak hingga kulit ikan kecokelatan, lalu balik.

    3. Tambahkan tiga siung bawang putih pada kulit ikan dan letakkan thyme pada panci. Setelah ditumis selama tiga menit hingga kecokelatan, tiriskan ikan dan letakkan pada rak masak. Masukkan ke dalam oven pada 180 derajat Celcius hingga hampir matang selama 5 – 8 menit.

    4. Selama menunggu, panaskan minyak sayur hingga mencapai 200 derajat Celcius. Tiriskan ikan dari oven selama tiga menit dan siramkan minyak pada tubuh ikan agar kulitnya terasa renyah.

    5. Gunakan kembali panci untuk memasak ikan dan tambahkan bawang putih yang sempat digunakan untuk membumbui ikan. Masukkan dried cherry tomato yang telah dipotong menjadi dua dan tambahkan air untuk “membersihkan” panci.

    6. Setelah semua bumbu menyatu, masukkan jus lemon dan daun thyme serta garam secukupnya. Tumis choy sum dan jamur menggunakan minyak zaitun. Berikan garam dan lada secukupnya.

    7. Panaskan kembali terong dan hidangkan bersama ikan serta choy sum.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below