Food & travel

Resep Memasak Ikan Kakap ala Chef Revo

By : Kiki Riama Priskila - 2017-05-16 04:04:30 Resep Memasak Ikan Kakap ala Chef Revo

 

Ikan kakap merupakan salah satu jenis ikan yang paling digemari. Simak resep memasak ikan kakap ala Chef Revo berikut untuk jamuan makan yang lezat bersama keluarga.

Main Course

Red Snapper with Tomatoes and Eggplant

Bahan:

Ikan kakap

1 terong

3 siung bawang putih

6 oven dried cherry tomatoes

300 gr minyak sayur

100 gr daun choy sum

100 gr brown shimeji

4 tangkai thyme

Lemon

Kucai

Air

Minyak zaitun

Cara membuat:

  1. Masak terong menggunakan arang hingga sedikit menghitam dan mengeluarkan air. Setelah terasa lembut, bungkus menggunakan aluminium foil dan diamkan hingga 10 menit. Setelah itu, potong memanjang untuk melepaskan biji dan kulit terong. Lalu, tambahkan minyak zaitun, garam, dan sedikit air lemon.

  2. Persiapkan kakap dengan membuang insang, sirip, ekor, dan durinya. Tambahkan garam pada ikan dan letakkan dalam panci dengan minyak zaitun setelah panci terasa cukup panas. Masak hingga kulit ikan kecokelatan, lalu balik.

  3. Tambahkan tiga siung bawang putih pada kulit ikan dan letakkan thyme pada panci. Setelah ditumis selama tiga menit hingga kecokelatan, tiriskan ikan dan letakkan pada rak masak. Masukkan ke dalam oven pada 180 derajat Celcius hingga hampir matang selama 5 – 8 menit.

  4. Selama menunggu, panaskan minyak sayur hingga mencapai 200 derajat Celcius. Tiriskan ikan dari oven selama tiga menit dan siramkan minyak pada tubuh ikan agar kulitnya terasa renyah.

  5. Gunakan kembali panci untuk memasak ikan dan tambahkan bawang putih yang sempat digunakan untuk membumbui ikan. Masukkan dried cherry tomato yang telah dipotong menjadi dua dan tambahkan air untuk “membersihkan” panci.

  6. Setelah semua bumbu menyatu, masukkan jus lemon dan daun thyme serta garam secukupnya. Tumis choy sum dan jamur menggunakan minyak zaitun. Berikan garam dan lada secukupnya.

  7. Panaskan kembali terong dan hidangkan bersama ikan serta choy sum.

Food & travel