4 Terapi Atasi Post Traumatic Stress Disorder


  • 4 Terapi Atasi Post Traumatic Stress Disorder
    (Foto: Kunst Bilder/Shutterstock/Clickphotos)

    Post Tramatic Stress Disorder (PTSD) merupakan jenis gangguan kecemasan yang muncul setelah seseorang mengalami kejadian traumatis, dan bisa terjadi pada siapa saja.
     
    Karena gejala PTSD memiliki dampak negatif yang besar bagi kehidupan seseorang, berikut adalah beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

    1. Terapi Kognitif-Perilaku

    Terapi ini lebih dikenal dengan sebutan Cognitive-Behavioral Therapy (CBT) yang fokus untuk mengubah cara pandang penderita PTSD dalam menilai dan menanggapi situasi, pikiran, perasaan, serta perilaku tidak sehat yang berasal dari pikiran dan perasaannya.
     
    2. Exposure Therapy
     
    Exposure Therapy merupakan terapi perilaku untuk PTSD yang bertujuan mengurangi rasa takut, kecemasan, dan perilaku menghindar dengan melakukan konfrontasi atau memaparkan pikiran dan perasaan pada situasi yang ditakuti.
     
    3. Terapi Penerimaan dan Komitmen
     
    Tujuan Acceptance and Commitment Therapy adalah untuk membantu pasien agar terbuka dan mau menerima pengalaman batin mereka sembari memfokuskan perhatian untuk tidak mencoba melarikan diri dan menghindari rasa sakit.
     
    4. Psychodynamic Psychotherapy
     
    Terapi ini berfokus pada berbagai faktor penyebab seperti pengalaman anak usia dini, hubungan yang terjalin, dan hal-hal yang dilakukan untuk mengatasi pikiran dari perasaan yang menjengkelkan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below