Cara Menghemat Kuota Internet


  • Cara Menghemat Kuota Internet
    (Foto: Denys Prykhodov/Shutterstock/Clickphotos)

    Kuota internet Anda kerap habis sebelum masa berlakunya berakhir? Biasanya hal tersebut terjadi karena banyak foto dan video yang dilihat serta mengunduh aplikasi berukuran besar. Menghemat kuota tidaklah sulit jika mengetahui triknya. Simak 5 cara menghemat kuota data internet berikut ini.

    (Baca juga artikel: 8 Cara Menghemat Listrik di Rumah)

    Wi-Fi



    Manfaatkan Wi-Fi ketika sedang ada di rumah, kantor, atau tempat lain yang menyediakannya dengan gratis. Tonton video streaming saat tersambung ke Wi-Fi saja atau unduh terlebih dahulu dan simpan untuk ditonton kemudian. Pastikan juga untuk melakukan back up data ke cloud dan unduh aplikasi baru hanya ketika tersambung dengan Wi-Fi.

    Data saver

    Nyalakan fitur data saver (penghemat data) yang terdapat di beberapa aplikasi, seperti Google Chrome, Instagram, atau bahkan di pengaturan ponsel Anda. Masuk ke pengaturan aplikasi tersebut dan cari pilihan data saver atau cellular data use.

    Matikan push notification

    Aplikasi yang memiliki fitur push notification cenderung mengonsumsi lebih banyak data dan daya baterai karena mereka harus melakukan refresh secara otomatis dan terhubung ke internet demi mengetahui apakah ada aktivitas baru. Nyalakan fitur tersebut untuk mendapatkan pemberitahuan dari orang yang Anda ikuti saja atau matikan secara keseluruhan.

    Aplikasi penghemat data

    Unduh aplikasi penghemat data seperti Opera Max untuk membatasi dan menghemat penggunaan data bagi setiap aplikasi yang ada di ponsel Anda.

    Aplikasi data tracker

    Manfaatkan juga aplikasi yang mampu mengetahui seberapa banyak data yang telah digunakan dan mampu mematikan pengaturan mobile data secara otomatis sehingga pula Anda tidak akan terpakai ketika kuota sudah habis. Pengguna smartphone berbasis Android bisa memanfaatkan fitur ini yang ada di pengaturan ponsel.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below