3 Cara Memanfaatkan Barang Bekas


  • 3 Cara Memanfaatkan Barang Bekas
    (Foto: Sensay/Shutterstock/Clickphotos)

    Sudah sejauh mana Anda merapikan isi kamar mulai dari meja rias, meja kerja, lemari pakaian, dan kamar mandi? Jika hampir selesai mengikuti tantangan spring clean pada bulan ini, berikut tiga langkah mudah memanfaatkan barang bekas yang sudah Anda kumpulkan.

     

    1. SALE



    Tidak luput dari kecermatan teknologi yang semakin canggih, tren garage sale onlinedapat menjadi solusi untuk memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

    Anda dapat menjualnya sebagai barang second hand, apalagi ketika kondisinya masih bagus dan terawat. Mudahnya, penjualan ini dapat Anda lakukan secara mobile melalui aplikasi atau situs yang memberikan wadah untuk garage sale online, dengan hanya memajang foto barang yang ingin Anda jual.

    Tipsnya, pastikan Anda membuat akun dalam aplikasi atau pun situs yang terjamin keamanan dan jangan sampai mengecewakan pembeli. Terdapat beberapa situs terpercaya seperti Tinkerlust.com, Shop2bless.com, Jualo.com, dan Olx.co.id. Untuk aplikasi, manfaatkan Carousell, Shopee Indonesia, dan Prelo.

     

    2. DONATE

    Alternatif lain yang dapat Anda lakukan dan bermanfaat untuk orang-orang disekitar adalah mendonasikan barang yang sudah tidak lagi terpakai. Anda bisa menyumbangkannya ke panti asuhan, orang-orang yang kurang mampu, yayasan sosial, dan masih banyak lagi.

    Dengan begitu, Anda dapat memberikan sebuah hadiah dan melihat langsung bagaimana perjalanan orang-orang yang lebih membutuhkan. Manfaatnya, Anda akan lebih bersyukur dan cermat memilih barang untuk dibeli kedepannya. Anda bisa datang langsung untuk memberikan sumbangan barang-barang second hand, atau lewat situs seperti www.bekasjadiberkah.id.

     

    3. RECYCLE

    Manfaatkan kreativitas yang Anda miliki dengan membuat sebuah kreasi “Do It Yourself” atau lebih dikenal dengan DIY. Jika pernak-pernik, aksesori, pakaian, dan perlengkapan lainnya bisa didaur ulang, maka akan tercipta sebuah barang baru yang lebih bermanfaat.

    Selain itu, Anda dapat melatih keterampilan dengan mencoba berkreasi lewat cara-cara baru yang unik. Merasa tidak percaya diri dalam memanfaatkan barang-barang untuk didaur ulang? Anda dapat menjadikan Pinterest, Tumblr, dan Reddit sebagai sumber inspirasi DIY.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below