Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan


  • Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan
    (Foto: Food_asia/Shutterstock/Clickphotos)

    Meskipun studi mengatakan bahwa air kelapa memiliki kandungan natrium seperti energy drink lainnya, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui agar Anda memperoleh manfaat yang maksimal. Sebelum membahas mengenai manfaat meminum air kelapa bagi kesehatan tubuh Anda, berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi air kelapa.
    1. Konsumsi 1-2 gelas air kelapa di pagi/siang hari untuk dewasa.
    2. Jangan berikan pada bayi/balita, atau ikuti saran dokter jika diperlukan.
    3. Hindari mengonsumsi air kelapa pada malam hari sebelum tidur untuk menghindari timbunan glukosa.
    4. Air kelapa memiliki kandungan kalori yang cukup besar sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.
    Setelah memahami penjelasan di atas, her world akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih lengkap manfaat meminum air kelapa bagi kesehatan tubuh.
     
    Menghilangkan dehidrasi
    Air kelapa lama dikenal sangat membantu mengisi cairan tubuh yang hilang, terutama sehabis kegiatan fisik atau berolahraga. Orang-orang yang bekerja secara teratur harus minum banyak air kelapa untuk menjaga keseimbangan ion dalam tubuhnya.
     
    Mencegah penuaan dini
    Kandungan asam laurat dan sitokin dalam air kelapa penting bagi proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kandungan ini berperan besar terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH, dan menjaga jaringan kulit.
     
    Mengatasi penyakit batu ginjal
    Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.
     
    Baik untuk ibu hamil
    Air kelapa adalah minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan morning sickness dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, dan sodium, air kelapa juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan selama masa kehamilan.
     
    Baik untuk kesehatan kardiovaskular
    Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Mengonsumsi air kelapa secara teratur dapat mengatur kembali tekanan darah dan dipercaya meningkatkan HDL(kolesterol baik) untuk mencegah penyakit jantung.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below