Cara Membuat Rambut Terlihat Lebih Sehat


  • Cara Membuat Rambut Terlihat Lebih Sehat
    DOK. HER WORLD

     

    Bingung cara merawat rambut kering dan mengembang? Cara merawat rambut alami dan cara merawat rambut agar lurus serta cara merawat rambut agar cepat panjang memerlukan perhatian khusus. Perawatan rambut rontok tradisional mungkin menjadi pilihan Anda. Apalagi tips merawat rambut smoothing dan perawatan rambut di salon kian menjamur. Tapi taukah Anda bahwa rambut juga mengalami penuaan?



     

    Layaknya kulit dan bagian tubuh lain, rambut juga dapat kehilangan keindahan alaminya seiring waktu. Kami merangkum beberapa tip yang membantu memperlambat proses penuaan pada mahkota Anda. Mungkin Anda tak memiliki kerutan di rambut, namun tetap saja ia mengalami penuaan. Uban, warna kusam, penipisan dan rambut kusut merupakan tanda penuaan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kabar baiknya, Anda tak perlu melakukan botox untuk memperbaiki masalah rambut. Cukup ikuti tips berikut untuk menjaga kilau rambut sehat dan awet muda.

     

    (Baca juga artikel: Botox untuk Rambut?)

     

    1. Kurangi penggunaan sampo

    Terlalu sering menggunakan sampo dapat mengikis lapisan yang memberi kilau dan mencegah rambut patah, terutama ketika lipid di kulit kepala mulai berkurang akibat usia. Seiring bertambah usia, sebaiknya gunakan sampo hanya di bagian akar dan pilih produk yang kaya akan pelembap atau formula pelindung warna rambut. Untuk menjaga kilau alaminya, pastikan Anda membilas residu sampo secara tuntas minimal satu menit saat keramas. Fokuskan juga perawatan harian di kulit kepala untuk hasil yang maksimal.

     

    1. Hati-hati dengan rambut basah

    Saat basah, rambut berada di kondisi paling rapuh. Hindari mengeringkan rambut dengan gerakan menggosok. Sebaiknya pijat halus menggunakan handuk lembut mulai dari akar hingga ujung rambut untuk mengeringkan secara maksimal. Menyisir rambut saat keramas juga dapat merusaknya. Untuk rambut kusut, gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikannya saat memakai kondisioner. Jangan lupa untuk selalu melakukan deep conditioning treatment sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu tergantung kebutuhan rambut Anda.

     

    1. Kurangi hawa panas

    Tentunya Anda tahu hawa panas memiliki dampak buruk bagi kondisi rambut apa pun. Rambut kusam, kering dan kusut bisa disebabkan oleh pilihan alat penataan yang salah. Hindari penggunaan alat penata rambut di atas 300 derajat untuk menjaga keindahannya. Sebagai perlindungan ekstra, selalu semprotkan heat protective spray sebelum menggunaan hot tools untuk rambut. Jika Anda menggunakan alat penata rambut berhawa panas setiap hari, mungkin ini saat yang tepat untuk mengurangi kebiasaan tersebut.

     

    1. Lindungi warna rambut

    Kandungan mineral dan klorin dalam air dapat memudarkan warna rambut. Sebaiknya gunakan filter pada shower head jika Anda ingin melindungi warnanya. Hindari produk dengan kandungan alkohol yang tinggi karena akan membuat warna kian kusam dan menjadikan rambut kian kering. Sebelum keluar rumah, aplikasi produk rambut dengan kandungan SPF dapat memberi perlindungan secara menyeluruh. Lakukan juga gloss treatment di salon satu kali dalam sebulan.

     

    1. Loosen up!

    Tight ponytails, kepang rambut, topknots dan towel turbans sering kali memberi tekanan berlebih pada akar. Jika sering dilakukan, kebiasaan ini dapat berujung pada rambut patah, kerontokan dan penipisan di area tertentu. Sebagai alternatif penataan, coba beri volume ekstra di bagian akar dan tekstur di area batang rambut. Hindari juga mengikat rambut atau memakai handuk di kepala untuk waktu yang lama.

     

    (Baca juga artikel: Cara Mengatasi Rambut Rontok)

     

    Coba Produk Berikut...

    Phyto Phytopolleine Botanical Scalp Treatment 

    Davines Italy Natural Tech Wellbeing De Stress Lotion UV Filter for Hair & Body 

    Oscar Blandi Pronto Dry Styling Heat Protect Spray 

    Tangle Teezer Aqua Splash Black Pearl 

    BaBylissPro™ Nano Titanium Volare® V1 Full-Size Dryer Red 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below