Hair & beauty

Tips Sederhana Miliki Tubuh & Kulit Wajah yang Sehat

By : Yolanda Deayu - 2017-04-01 22:00:31 Tips Sederhana Miliki Tubuh & Kulit Wajah yang Sehat

Sebagai wanita aktif yang memiliki segudang aktivitas, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib agar tetap tampil fit dan bugar. Termasuk menjaga kesehatan kulit wajah. Kulit wajah yang sehat dan berkilau tidak hanya menggambarkan kecantikan dari diri seorang wanita, melainkan mencerminkan banyak hal dari kesehatan tubuh Anda.

Berikut tips sederhana untuk miliki tubuh dan kulit wajah yang sehat.

Tidur Teratur
Pola tidur yang sehat sebenarnya dimulai dari pukul 9 malam sampai dengan jam 6 pagi atau 8-9 jam perhari. Jika Anda seorang wanita yang sibuk dan sulit untuk mengatur jam tidur, mulailah memperbaiki waktu istirahat Anda. Selain membuat tubuh menjadi lebih segar, tidur yang cukup akan sangat berpengaruh bagi kecantikan kulit wajah Anda.

Olahraga

Jadwal yang padat selalu menjadikan alasan Anda untuk mangkir dari olahraga? Olahraga tidak harus selalu lama, lho! Misalnya, olahraga lari selama lima belas menit sebelum Anda memulai aktivitas setiap harinya sudah sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Atau, coba sesekali lakukan gerakan yoga sederhana untuk membuat tubuh Anda lebih relaks disela-sela waktu kerja.

Alasannya? Karena saat berolahraga, tubuh akan memompa jantung lebih cepat sehingga sirkulasi darah menjadi baik. Dengan membaiknya sirkulasi darah maka proses detoksifikasi dan perbaruan sel kulit pun akan lebih cepat.

Perbanyak Minum Air Putih

Agar tubuh Anda tetap sehat bisa dengan minum banyak air putih. Kenapa? 70% tubuh kita terdiri dari air dan salah satu manfaatnya adalah menjaga sirkulasi darah agar tidak kental. Selain itu, mengonsumsi air putih yang cukup membuat kulit terhidrasi terutama bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di ruang ber-AC maupun di outdoor – misalnya saat treveling.

Ternyata tubuh yang memiliki cukup cairan membuat kulit wajah terlihat bercahaya.

Kurangi Alkohol, Nikotin, dan Kafein

Anda terbiasa mengonsumsi alkohol, nikotin dan kafein? Mungkin akan sulit bagi Anda untuk melepaskan kebiasaan itu secara drastis. Tapi, tahukah Anda, bila kandungan alkohol, nikotin dan kafein yang berlebihan pada tubuh dapat mengakibatkan dehidrasi? Kulit wajah pun akan terkihat kering dan kusam. Selain itu, alkohol juga akan membuat liver melepas zat yang akan pemicu penuaan dini. Jadi, cobalah secara perlahan untuk mengurangi kebiasaan Anda yang satu ini agar tubuh dan kulit lebih sehat dan bugar.

Konsumsi Chia Seed

Bosan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang itu-itu saja? Coba sesekali campurkan Chia Seed ke dalam smoothies atau salad milik Anda. Chia seed merupakan salah satu superfood terbaik yang kaya dengan kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh manusia. Dalam biji chia terdapat kandungan Omega-3, Vitamin E, Karbohidrat, Protein, Fiber, Anti Oksidan, dan Kalsium.

Vitamin E dalam biji chia dipercaya mampu mengatasi kerutan dan peradangan di kulit. Sedangkan Omega-3 nya akan menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah serta memperbaiki metabolisme pada kulit Anda.

Saatnya Anda peduli dengan kesehatan tubuh dan kulit termasuk kulit wajah. Yuk, bergabung dan sharing mengenai masalah, tips, ataupun informasi lainnya yang Anda miliki seputar kesehatan tubuh dan kulit dalam Healthy Forum bersama para narasumber : Reina Wardhana (Health Enthusiast), Deera Dewi (Yoga Teacher), Kadek Arini (Traveller), Chef Brian (Chef) dan dr. Sani P. Gani (Doctor). Klik di sini atau di link http://www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle (Nungki Dwiandara/ Image: Dok. Pixabay)

Hair & beauty