Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi


  • Tanaman Liar yang Aman Dikonsumsi
    (Foto: Marina Sosnovskaya/Shutterstock/Clickphotos)

    Pernahkan terbayang untuk mengonsumsi ilalang? Mungkin tidak! Tapi tahukan Anda bahwa tanaman liar ternyata aman dikonsumsi? Bahkan nutrisi di dalamnya tergolong cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Berikut beberapa tanaman liar yang patut masuk dalam racikan masakan Anda.

    Daun Pakis



    Bagian pakis yang aman dikonsumsi adalah daun muda yang belum mekar sempurna. Daun pakis mengandung vitamin C yang tinggi serta komponen flavonoid dan polifenol yang berfungsi menetralkan radikal bebas seperti pencegahan penuana dini dan kanker.

    Genjer

    Kandungan protein, karbohidrat, kalsium, hingga zat besi yang ada dalam genjer mampu meremajakan sel-sel tubuh serta menyediakan cadangan energi dalam tubuh. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menjadikannya sebagai menu sayur.

    Krokot

    Tahukah Anda bahwa krokot bisa dijadikan sayur asa, dan selai? Daun krokot kaya akan omega-3 dan mengandung asam linolenat. Senyawa ini bisa menurunkan koleksterol darah. Daun krokor yang direbus mengandung kalsium, kalium, vitamin A, dan asam amino.

    Pegagan

    Pegagan memiliki sifa manis dan minty. Daun yang biasa dijadikan saur lalapan ini berkhasiat membersihkan darah, memperbanyak empedu, dan memperbaiki gangguan pencernaan. Bahkan daun ini telah teruji mampu meningkatkan kecerdasan otak.

    Daun Semanggi

    Daun semanggi mengandung zat air, protein, vitamin C, betakaroten 2, dan karotem sehingga berfungsi sebagai penurun panas dan mampu melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker payudara, tuberkolosis, dan kanker getah bening.

    Ciplukan

    Tanaman liar ini mengandung senyawa kimia berupa sitrun dan fisain. Buah ciplukan juga mengandung alkaloid, tanin, vitamin C, dan gula. Meski rasanya sedikit pahit, buah ini bisa menetralkan racun dalam tubuh dan mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh.

    Sembukan

    Di beberapa daerah, sembukan digunakan sebagai pagar rumah. Namun, tanaman ini bisa menambah napsu makan, lho! Kandungan analgetik, antibiotik, dan detoksifikasi yang ada bisa mengatasi nyeri syaraf serta bermanfaat bagi bayi yang mengalami malnutrisi.



 

Related Articles

Tanaman Liar Ternyata Aman Dikonsumsi

Tanaman Liar Ternyata Aman Dikonsumsi

oleh Kiki Riama Priskila

Kenali Tanaman Liar Berbahaya

Kenali Tanaman Liar Berbahaya

oleh Kiki Riama Priskila

Advertisement - Continue Reading Below