Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan


  • Khasiat Daun Sirsak Bagi Kesehatan
    (Foto: I'm friday/Shutterstock/Clickphotos)

    Bagi Anda yang menyukai jus sirsak, tidak hanya buahnya, melainkan daunnya pun kaya akan manfaat yang tidak disangka-sangka. Daun sirsak mengandung berbagai senyawa aktif, yang paling utama adalah annona acetogenins, salah satu jenis asam lemak. Selain itu terdapat kandungan lain seperti flavonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B, dan C, fitosterol, dan kalsium oksalat.

    Her world akan membantu Anda mengetahui apa saja manfaatnya bagi kesehatan. Jadi, mulailah memanfaatkan dedaunan ini untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.



    Mengurangi gejala arthritis

    Meminum air rebusan daun sirsak setiap hari dapat mengurangi gejala arthritis yang merupakan salah satu gejala penyakit autoimun atau rusaknya sistem imun yang terjadi dalam tubuh di mana sel darah putih menyerang sel normal dalam tubuh.

    Mencegah dan mengobati kanker

    Senyawa utama annona acetogenins dalam daun sirsak mengandung zat anti kanker yang bekerja dalam tubuh dan membunuh sel-sel mematikan tersebut. Ekstrak daun sirsak juga mampu membunuh tumor secara efektif dengan cara menghambat pasokan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh sel tumor.

    Mencegah dan mengobati diabetes

    Mengonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari juga dapat membantu penderita diabetes dalam menetralkan kadar gula dalam darah karena senyawa metanolik yang terkandung di dalamnya.

    Mengobati malaria

    Hasil penelitian membuktikan bahwa ekstrak pentana yang terkandung dalam daun sirsak dapat membunuh secara efektif parasit Plasmodium yang ditularkan melalui nyamuk Anopheles, penyebab utama penyakit malaria.

    Mengobati penyakit kuning

    Daun sirsak terkenal sebagai ramuan untuk membersihkan serta mengobati masalah kesehatan yang menyerang organ hati atau liver sperti penyakit kuning yang disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit ini menyebabkan kulit dan sclera mata berwarna kuning akibar tingginya kadar bilirubin dalam darah.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below