4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Freelancer


  • 4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Freelancer
    (Foto: Roma Black/Shutterstock/Clickphotos)

    Memutuskan untuk menjadi seorang freelancer juga dibutuhkan kiat-kiat tertentu, lho! Dengan berstatus sebagai full-time freelancer, Anda akan merasa lebih tertantangan, rewarding, dan belajar lebih banyak belajar dari klien yang langsung berhubungan dengan diri kita. Berikut lima hal yang perlu Anda ketahui sebelum menjadi full-time freelancer, selain menyiapkan hati dan diri Anda.

    Kesimbangan menjadi kunci utama



    Anda mungkin dibayar untuk mengerjakan suatu proyek besar dari klien, dan sudah terhitung berapa jumlah biaya yang Anda terima. Di luar jam kerja Anda, masih banyak hal-hal kecil yang harus dikerjakan mulai dari membalas e-mail hingga persoalan administratif lainnya.

    Namun, Anda juga butuh memperluas 'jasa' Anda di media online dan media sosial yang dimiliki untuk menarik kllien yang lain. Jadi, usahakan untuk mengatur waktu sebaik-baiknya agar status sebagai freelancer yang menantang ini dapat Anda lakukan dengan baik.

    Siapkah Anda dengan 'kesendirian'?

    Yes, that's the point. Jika Anda merupakan seorang extrovert, mungkin saja ada alasan pasti Anda memilih menjadi seorang freelancer. Namun, ketika semua teman harus bekerja full-time di kantor, siapkah menghadapi waktu-waktu yang memungkinkan Anda bertahan sendiri? Penghasilan yang tidak tetap mungkin akan membuat Anda berpikir dua kali untuk selalu ada di coffee shop ataupun bersenang-senang di mall.

    Jangan anggap diri Anda adalah bos, meskipun hanya bekerja sendiri

    Mungkin orang lain akan sering iri dengan pekerjaan Anda sebagai seorang freelancer. Tapi my life, my rules bukanlah prinsip yang terbaik saat freelance.

    Hindari pemikiran tersebut karena sebenarnya Anda memiliki banyak bos dari berbagai macam perusahaan. Klien mengharapkan yang terbaik dari Anda, jangan sampai mereka kecewa dan tidak puas dengan hasil kerja Anda.

    Perjalanan yang tidak selalu mulus

    Kepuasan diri dalam berkarier dapat langsung dirasakan bagi para freelancer. Tetapi, sampai mana ujung dari rasa puas tersebut? Bekerja sendiri membuat Anda lebih mandiri, terutama saat mengetahui sejauh mana standar yang dibutuhkan para klien.

    Berhadapan dengan berbagai macam klien yang berbeda-beda idealismenya membuat Anda juga mengikuti alur mereka. Anggap saja bahwa lika-liku perjalanan Anda akan membuahkan pengalaman dan hasil yang tidak tergantikan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below