Life & health

5 Langkah Sukses Mengubah Jalur Karier

By : Amalta Rifani - 2017-03-07 06:41:42 5 Langkah Sukses Mengubah Jalur Karier

Hal yang wajar ketika Anda mengalami titik di mana rasa ketidakpuasan muncul dalam kehidupan profesional. Entah karena bosan, terlalu nyaman, ingin mengejar passion, ataupun alasan finansial.

Situasi ini membuat banyak orang ingin melakukan perubahan besar dalam karier dengan car mengalihkan apa yang jadii fokus dan tujuan mereka dalam berkarier alias career shift. Jika Anda sudah terjebak dalam situasi ini, berikut lima langkah sukses mengubah jalur karier yang diinginkan.

Langkah 1: Tentukan keinginan

Anda tak akan tahu apa yang diinginkan dari karier baru jika tidak menelusuri lebih jauh apa yang menjadi interest atau passion Anda. Ketahuilah apa yang disukai, apa yang dilakukan saat waktu luang, dan apa yang membuat Anda semangat.

Langkah 2: Lakukan riset tentang karier baru

Seberapa besar dan dalam riset yang dilakukan bergantung pada seberapa besar perubahan atau shift yang dilakukan. Contohnya, dari guru sekolah menjadi trainer di perusahaan atau perawat di rumah sakit menjadi desainer grafis.

Langkah 3: Miliki aset atau skill yang fleksibel

Manfaatkan pengalama kerja dan keahlian yang telah diraih sleama ini dan cari cara agar semua itu dapat diaplikasikan dalam karier baru Anda. Banyak skill yang bisa diaplikasikan ke berbagai macam industri misalnya komunikasi dan pemasaran.

Langkah 4: Perluas jaringan

Salah satu kunci utama agar sukses dalam pergantian karier Anda adalah kemampuan networking. Orang-orang dalam network Anda bisa saja memberikan tawaran kerja atau saran tentang suatu perusahaan atau industri. Pertimbangkan hal ini dengan bergabung di berbagai organisasi.

Langkah 5: Tambahkan pengalaman

Ingatlah bahwa Anda mengulang kembali karier dari nol. Bekerja paruh waktu atau menjadi relawan dalam bidang baru akan memberikan pengalaman berharga.

Life & health