Tips Mengatasi Finansial Sebelum Usia 30


  • Tips Mengatasi Finansial Sebelum Usia 30
    (Foto: Syda Productions/Shutterstock/Clickphotos)

    Dilema finansial? Masalah ini akan terjadi ketika Anda sudah merintis karier sejak usia muda dan kini sudah mulai menginjak usia 30. Idealnya, Anda sudah berhasil mencapai sejumlah financial milestones. Lalu apa yang akan dilakukan? Berikut tips mengatasi finansial sebelum kepala tiga dimulai.

    Situasi 1: Membeli Rumah

    Membeli rumah pertama pada usia 20-an akan membantu menentukan pola pengeluaran Anda ke depannya. Apa pun pilihan yang diambil, akan berpengaruh besar terhadap jumlah uang yang dimiliki untuk keperluan lain, seperti tabungan dan investasi.



    Solusi

    Usia 20-an dan awal 30-an sangat ideal untuk memiliki rumah, karena Anda akan memiliki waktu setidaknya 10-20 tahun ke depan untuk melunasi seluruh pinjaman rumah. Tipsnya, mulailah mempelajari penawaran KPR di berbagai bank yang ada, kemudian pertimbangkan sistem bunga yang cocok untuk Anda, seperti fixed rate (tetap), floating rate (mengambang), atau kombinasi keduanya.

    Situasi 2: Membeli Mobil

    Sama halnya dengan membeli rumah, membeli mobil juga merupakan komitmen finansial yang besar. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan secara detil dan waspada tentang jumlah uang yang berani dikeluarkan untuk membeli mobil, serta perubahan nilai mobil tersebut di masa depan.

    Solusi

    Salah satu aturan membeli mobil adalah dengan membayar cicilan selama tiga tahun. Jadi sesuaikan dengan jumlah finansial yang Anda miliki. Pertimbangkan pula jenis mobil yang ingin dibeli, mulai dari baru atau bekas hingga jumlah mobil yang ingin dimiliki.

    Situasi 3: Memiliki Anak

    Memang tidak ada waktu yang tepat untuk memiliki anak. Pertanyaannya, seberapa siapkah Anda memiliki anak pada usia 20-an dengan segala biaya yang dimiliki bersama pasangan? Kemapanan finansial di usia yang matang lebih membantu Anda untuk mengurus anak.

    Solusi

    Bagi Anda yang berusia 20-an, salah satu tips yang dapat dilakukan sebagai persiapan finansial dalam menyambut kelahiran si kecil adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit secara berlebihan guna mengantisipasi hutang yang menumpuk. Karena hutang di masa muda akan menghantui Anda ketika akan membangun keluarga di masa depan.

    Situasi 4: Asuransi

    Meski masih muda, beberapa orang seringkali lupa dengan masalah kesehatan untuk jangka panjang. Tidak ada salahnya untuk membeli asuransi sesuai dengan kebutuhan dan prioritas hidup.

    Solusi

    Selain memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, ada baiknya Anda juga menyiapkan dana darurat yang dibedakan dengan tabungan. Sisihkan 10 persen dari penghasilan rutin tiap bulannya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below