Kompetisi Digital di Lima Kota


  • Kompetisi Digital di Lima Kota
    Dok. Telkom Indonesia

    Dalam perjalanannya, Telkom Indonesia seakan tak pernah berhenti berinovasi dalam mengembangkan layanan dan ragam produknya. Oleh sebab itu, dengan semangat yang sama, di tahun ini mereka sukses menyelenggarakan roadshow kompetisi pengembangan aplikasi bisnis digital bertajuk 'Telkom Hackathon 2018'.


    Ada 5 kota yang diajak bergabung, yaitu Makassar pada tanggal (18 Desember), Yogyakarta (19 Desember), Malang (19 Desember), Bandung (20 Desember), dan Jakarta (20 Desember).  






    Kompetisi yang digelar dengan menggunakan produk API Big Data analytic pada platforn digital Telkom terbaru yaitu 'xsight' ini dinyatakan berhasil memberi pengalaman baru bagi perusahaan dan para developer dalam memanfaatkan Big Data dan API Telkom Group & Partner secara lebih mudah.


    Terdapat 4 kategori yang dilombakan yaitu; pengembangan e-commerce, Logistik, Financial Services, dan kategori umum yang bisa diikuti oleh seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) secara perorangan atau tim (Maksimal 4 orang/tim). Proses yang harus dilalui dimulai dari tahap roadshow, babak penyisihan, coaching clinic, dan diakhiri dengan grand final. Amat seru dan sukses meningkatkan kreativitas dan sisi kompetitif dalam diri tiap peserta!


    Tak hanya itu, dalam roadshow kali ini, para developer juga diajak untuk mengenal lebih jauh mengenai bisnis digital Telkom Group, Indigo Inkubator program, dan produk API serta Big Data yang ada di www.telkomxsight.com. Setelah selesai, seleuruh peserta diminta mendaftarkan dan mengembangkan karya mereka dalam bentuk Minimum Viable Product (MVP) via online di expose.uzone.id/hackathon sampai tanggal 11 Februari 2018 untuk kemudian dikurasi oleh tim juri pada 17 Februari 2018.


    Dengan begitu, tim juri nantinya akan bisa menentukan 20 tim finalis yang akan diundang untuk mengikuti coaching clinic di mana tiap peserta akan mendapat program pelatihan dari para ahli guna menyempurnakan karya yang telah di-submit sebelum dipresentasikan di depan juri dan sebelum menuju grand final.




    Penjurian tahap akhir rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 24 - 25 Februari 2018 mendatang. Di tahap ini, tim juri akan memilih satu pemenang dari tiap kategori yang akan menerima hadiah dengan total 200 juta rupiah beserta benchmarking trip ke Sydney & Budapest persembahan Mitra Telkom, Leferay, dan Cellum untuk 2 tim terbaik dengan harapan bahwa para pemenang bisa semakin membangun kompetensinya pada level yang lebih tinggi di kemudian hari.


    "Telkom Hackathon 2018 diselenggarakan guna menjaring terobosan inisiatif digital di berbagai bidang, mendukung tumbuhnya enterpreneur digital, serta menggali potensi generasi muda di Indonesia. Selain itu, kami juga berharap event ini bisa menjadi ajang berkumpulnya para developer muda sebagai agen pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia yang kreatif dan memiliki kompetensi IT yang mumpuni." Ujar Ketua Stagas Telkom Hackathon 2018, Ahmad Djarkasih.

        

     



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below