Manfaat Tidur Siang


  • Manfaat Tidur Siang
    (Foto: Pexels.com)

    Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Applied Physiology menemukan bahwa tidur siang singkat bisa mengurangi risiko mengalami coronary mortality sebanyak 37%. Hal ini karena tidur siang bisa bantu menurunkan stres kardiovaskular. Selain itu, tidur siang juga membantu menurunkan tekanan darah.

    Menurut para ahli, waktu yang ideal untuk tidur siang itu 10 hingga 20 menit. Itu sudah cukup untuk untuk menyegarkan pikiran dan meningkatkan energi tubuh. Waktu tersebut memang terbilang singkat tapi justru dengan tidur siang singkat ini kita bisa langsung kembali aktif bekerja dan terjaga saat bangun tidur. Tapi kalau tidur siang 30 menit, dampaknya kepala bisa pusing. Soalnya saat kamu bangun setelah tidur selama 30 menit tersebut, tubuh baru saja akan memasuki fase tidur yang lebih dalam. Untuk amannya memang tidur siang cukup maksimal 20 menit saja. Atau kalau mau lebih lama, bisa sekalian tidur siang sampai 90 menit.

    Tidur siang selama 90 menit sangat direkomendasikan untuk kamu yang malam sebelumnya tak mendapat tidur yang cukup. Kenapa 90 menit? 90 menit merupakan waktu yang sangat ideal untuk tidur siang karena mencakup satu siklus tidur yang sempurna. Manfaat yang bisa didapat adalah meningkatkan daya ingat emosional dan kreativitas. Ditambah lagi, efek tidur siang 90 menit ini juga bisa bantu menjaga pikiran tetap tenang.



    Tidur siang ternyata punya banyak manfaat, kan? Tak ada salahnya untuk mencoba menjadwalkan waktu untuk tidur siang.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below