Life & health

10 Cara Mencegah Diabetes

By : Yolanda Deayu - 2017-11-01 18:01:00 10 Cara Mencegah Diabetes

Selama ini Anda sudah berkomitmen untuk memiliki pola hidup yang sehat? Namun, aktivitas yang padat menjadikan alasan untuk Anda mengabaikan semuanya. Sehingga memilih makanan serba instan, dan junk food sebagai alternatif paling simple dan cepat untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh. Belum lagi ditambah kurang olahraga, begadang serta gaya hidup tidak sehat lainnya.

Oh dear, jika ini terus dibiarkan, berbagai macam penyakit bisa kapan saja menyerang Anda. Salah satunya diabetes.

Diabetes merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan melonjaknya kadar gula dalam darah yang dapat merusak fungsi tubuh. Dan ternyata menerapkan gaya hidup sehat secara rutin itu sangat penting untuk mengurangi resiko Anda terjangkit diabetes. Berikut mencegah diabetes dengan 10 cara. Check these out.

1. Istirahat yang Cukup

Karena pekerjaan yang menumpuk atau terlalu sibuk berselancar di dunia maya, Anda menjadi sering begadang? Padahal kebiasaan begadang membuat tubuh memproduksi gula berlebih karena tubuh terus melakukan aktivitas yang membutuhkan energi. Inilah yang meningkatkan potensi Anda terkena diabetes. Solusi terbaiknya untuk mencegah diabetes adalah istirahat yang cukup dengan tidur tepat waktu, simpan jauh-jauh gadget Anda dan matikan lampu kamar.

2. Pola Makan yang Benar

Pola makan yang tidak benar menjadi salah satu pemicu terbesar resiko diabetes, dan inilah yang paling sering tidak Anda sadari. Yang perlu Anda lakukan untuk mencegah diabetes adalah dengan menjalani pola makan yang benar dan membatasi konsumsi makanan yang mungkin dapat memicu diabetes seperti junk food, fast food, makanan tinggi lemak dan gula.

3. Perbanyak konsumsi Buah dan Sayur

Untuk mencegah diabetes, lengkapi makanan sehari-hari Anda dengan aneka sayur dan buah-buahan segar. Mengonsumsi sayuran fresh dengan dressing berbasis cuka (exp; apple vinegar) dapat menjadi salah satu pilihan untuk bantu cegah diabetes.

4. Rutin Olahraga

Oh dear, siapa yang tidak tahu kalau olahraga adalah cara tepat menjadikan tubuh sehat dan mencegah berbagai macam penyakit, termasuk diabetes. Dengan olahraga secara teratur bisa membantu mencegah diabetes dengan mengontrol berat badan dan meningkatkan aliran darah. Jadi jangan ragu luangkan waktu untuk minimal 30 menit hanya untuk sekedar berjalan kaki, lari-lari kecil atau pergi ke gym.

5. Hindari Stres

Tidak hanya secara emosional yang bisa terganggu akibat stres, tetapi juga kesehatan fisik dan memicu berbagai masalah kesehatan. Maka dari itu, luangkan waktu untuk melepas penat seperti melakukan hobi, atau berkumpul bersama teman-teman. Cara ini bisa membantu mencegah diabetes lho!

6. Kurangi Alkohol dan Merokok

Jika Anda ingin menjadikan tubuh bebas dari diabetes, mulai sekarang kurangi merokok dan minum minuman beralkohol. Hal ini karena nikotin yang berasal dari rokok lama kelamaan mampu merusak sel pankreas yang memproduksi insulin dan meningkatkan resiko diabetes.

Begitu pun dengan alkohol, konsumsi alkohol berlebihan akan merusak sel pankreas dan berhubungan dengan kelebihan lemak tubuh. Itulah alasan mengapa bila mengonsumsi alkohol tubuh akan mengalami peningkatan gula dalam darah.

7. Hentikan Konsumsi Minuman Bergula

Mulai sekarang, hentikan mengkonsumsi berbagai macam jenis minuman berenergi, dan minuman manis lainnya. Yap, meskipun lezat dan menyegarkan, semua minuman tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama kadar gula dalam tubuh. Mungkin, kini Anda bisa mencoba menikmati herbal tea atau smoothies tanpa gula.

8. Ganti Cemilan dengan Kacang-Kacangan

Saatnya ganti cemilan Anda dengan kacang-kacangan. Kacang-kacangan dipercaya menjadi cemilan yang ampuh untuk memerangi diabetes. Menurut penelitian, kacang-kacangan tersebut sangat kaya karbohidrat kompleks (serat), dan protein sehingga menurunkan potensi terkena diabetes. Proses mencerna kacang-kacangan pun dibilang lambat, sehingga membuat kadar gula darah tetap stabil.

9. Cek Gula Darah Secara Rutin

Dear, mengapa cek gula darah secara rutin merupakan hal penting? Ini karena kadar gula dalam darah seseorang relatif naik turun. Dengan melakukan pengecekan secara rutin, Anda menjadi tahu fluktuasi kadar gula dalam darah.

10. Konsumsi Minuman Sehat sebagai Alternatif Pengganti Makanan

Selain mengatur pola makan, istirahat teratur, rutin olahraga, bila perlu Anda dapat pula mengganti salah satu makanan dengan susu Apta+ Glukofit. Kandungan serat yang terdapat didalamnya dapat bantu mengurangi rasa lapar sehingga konsumsi cemilan dapat berkurang. Susu apta+ Glukofit juga dilengkapi oleh kandungan nutrisi, vitamin dan mineral untuk kesehatan Anda.

Ladies, yuk ikuti “Tanya Dokter” di Healthy Lifestyle bersama dr. Carlinda Nekawaty. Anda bisa menanyakan apa saja seputar kesehatan termasuk diabetes. Jadi jangan ragu untuk mencegah diabetes dari sekarang. Tanya langsung dengan dokter di http://www.cosmopolitan.co.id/healthylifestyle/forum atau klik di sini!

(Teks: Nungki Dwiandara)

Life & health