Wajah dan Kata-Kata dari Generasi Millenial


  • Wajah dan Kata-Kata dari Generasi Millenial
    Dok. Herworld

    Rabu kemarin, tepatnya tanggal 4 Oktober 2017, pameran fotografi bertema 'Yang Muda di Era Millenial' resmi dibuka di Plaza Indonesia Level 4.


    Pameran yang diselenggarakan hingga 31 Oktober 2017 ini berisikan 85 foto hasil bidikan Rio Prasetia atau yang lebih dikenal dengan sebutan RIOP. 




    Di sini, RIOP menampilkan 85 figur millenial Indonesia dari berbagai profesi seperti misalnya musisi, blogger, vlogger, influencers, seniman, traveler, hingga model dan selebriti Tanah Air yang dirasa representatif dengan era sekarang. Sebut saja Sonia Eryka, Olivia Lazuardy, Anastasia Siantar, Dipha Barus, Omar Daniel, Asmara Abigail, Kallula, Ayla Dimitri, SkinnyIndonesi24, sampai Kunto Aji dan Patricia Gouw.


    Di sini, pada rangkaian foto yang terpajang apik hasil instalasi dari Studio Kita, tiap figur diminta untuk menyampaikan kecintaannya pada Indonesia melalui serangkaian kata yang ditulis dan ditandatangani langsung di permukaan foto. Pertanyaannya sederhana, "Apa yang membuat dirimu merasa sebagai orang Indonesia dan berjiwa Indonesia?"




    Beraneka macam jawaban yang terkombinasi indah dengan imaji sarat makna menjadikan pameran ini makin menarik untuk dilihat terutama bagi para generasi muda dan, let say, generasi millenial.


    Proyek ini pada dasarnya muncul dari keinginan RIOP untuk meningkatkan keperdulian masyarakat, terutama kaum muda masa kini tentang identitas pribadi mereka sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, karena temanya amat nasionalis, maka pameran yang diadakan di bulan Kesaktian Pancasila dan Sumpah Pemuda ini turut menggandeng label-label fashion lokal ternama seperti Sejauh Mata Memandang, F Budi, DGTMB by Eko Nugroho, dan juga Pingpong Affairs.


    "Pameran ini sengaja diadakan untuk ikut merayakan Sumpah Pemuda. Bagaimana  anak-anak muda di era masa kini beraksi dan berkarya untuk Bangsa lewat cara dan kreativitasnya masing-masing. Surprisingly, mereka sangat serius dan profesional dalam membuat tiap karyanya. Seperti Sonia Eryka misalnya. Ia selalu mencoba untuk mengedepankan unsur-unsur Nusantara dalam tiap foto Instagramnya. Begitu pula dengan vlogger lain, khususnya Indonesian traveler. Mereka semua serius! Bahkan kadang, mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka kerjakan sudah bisa berhasil mengangkat nama Indonesia dan cerminan dari betapa bangganya mereka jadi orang Indoesia." Ungkap RIOP pada acara pembukaan pameran ini kemarin.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below