Hair & beauty

3 Fakta Penting Seputar Sunblock Wajah

By : Rahmi Davita - 2017-10-03 11:33:00 3 Fakta Penting Seputar Sunblock Wajah

Mulai dari label produk, hingga mitos yang beredar, banyak hal seputar tabir surya untuk wajah yang membingungkan. Ini faktanya.


Perlindungan SPF
Apa yang dimaksud dengan SPF? SPF merupakan singkatan untuk Sun Protection Factor. SPF berfungsi meningkatkan durasi perlindungan kulit Anda dari paparan sinar UVB, yaitu bagian dari sinar matahari yang menyebabkan kulit memerah hingga terbakar. Masih bingung? Perhatikan contoh berikut:

Kulit Jasmine mampu menahan paparan sinar matahari selama 10 menit sebelum kulitnya terbakar. Jika ia menggunakan tabir surya dengan SPF 50, maka durasi perlindungan kulit yang akan ia dapatkan adalah:

10 (menit) x 50 (spf)= 500 menit


Jadi, pilih tabir surya dengan tingkat kandungan spf yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan Anda. Namun formula SPF hanya efektif untuk melindungi kulit Anda dari sinar UVB saja, bagaimana dengan sinar UVA? Keep reading…

Kegunaan kandungan PA+ hinga PA++++
PA merupakan singkatan dari Protection Grade from UVA. Sinar UVA sendiri merupakan bagian dari sinar matahari yang dapat menimbulkan kerusakan kulit lebih dalam dan memicu timbulnya tanda penuaan. Pada label produk, singkatan PA kerap diikuti oleh tanda (+) yang menunjukkan lamanya durasi perlindungan. PA+ dapat melindungi kulit Anda dari sinar UVA selama dua sampai empat jam, PA++ empat sampai delapan jam, PA+++ melindungi lebih dari delapan jam, dan PA++++ mampu melindungi hingga 10 jam. Maka untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh, pilih tabir surya berlabel broad spectrum yang memberikan perlindungan SPF sekaligus PA.


Coba: Clinique Broad Spectrum SPF 50 Sunscreen Face Cream Rp435.000

Perlukan menggunakan tabir surya di bawah alas bedak yang sudah mengandung formula sun protection?
Tidak. Foundation atau cushion makeup yang dilengkapi dengan SPF dan PA sudah cukup untuk beraksi sebagai pelindung kulit Anda terhadap sinar matahari. Jika terlalu banyak melapisi wajah dengan formula perlindungan matahari yang cukup pekat, pori-pori akan mudah tersumbat. Pastikan saja alas bedak Anda sudah mengandung SPF dan PA yang cukup.


Coba: Laneige BB Cushion Whitening SPF50+ PA+++ Rp560.000

Hair & beauty