Menjaga Pengeluaran Pernikahan Tetap Sesuai Anggaran


  • Menjaga Pengeluaran Pernikahan Tetap Sesuai Anggaran
    Foto: Julia Sudnitskaya/Shutterstock/Click Photos

    Menyiapkan anggaran untuk segala kepentingan terkait pernikahan penting untuk dilakukan sejak awal perencanaan. Namun tak jarang di tengah jalan, Anda menemukan hal-hal menarik lain yang sebenarnya tidak termasuk dalam anggaran, sehingga pada akhirnya pengeleuaran membengkak. Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga pengeluaran tetap sesuai dengan anggaran. 

     

    Memberi Reward pada Diri Sendiri



    Berjanjilah pada diri Anda sendiri jika Anda berhasil menjalankan segala hal sesuai anggaran setiap bulan, Anda akan menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu hal yang menyenangkan atau merelaksasi (karena waktu menjelang pernikahan biasanya cukup meningkatkan level stress), misalnya dengan menjadwalkan serangkaian perawatan spa, atau makan malam di restoran dambaan Anda.

     

    Menyerahkan Urusan Anggaran pada Orang Terdekat

    Jika Anda memiliki jadwal terlalu pada atau termasuk orang yang kurang bisa mengendalikan pengeluaran, sebaiknya menyerahkan rincian anggaran pernikahan kepada orang terpercaya yang bisa membantu dengan senang hati. Anggap dirinya sebagai pengelola keuangan Anda selama menjelang pernikahan ini, mintalah ia agar mengingatkan jika Anda sudah melewati bujet.

     

    Membatasi Pengeluaran Sehari-hari

    Agar Anda dapat memiliki tambahan yang bisa dialokasikan pada anggaran pernikahan, coba batasi pengeluaran sehari-hari misalnya dengan sesederhana membawa bekal ke kantor untuk kebutuhan makan sehari-hari, mengurangi jajan di kedai kopi mewah favorit Anda, atau lebih cermat berbelanja dengan memilih pasar swalayan berkualitas namun menawarkan harga lebih terjangkau.

     

    (Baca juga artikel: Rekomendasi Aplikasi Perencana Pernikahan)