Penyebab Rasa Sakit Saat Bercinta dan Cara Mengatasinya


  • Penyebab Rasa Sakit Saat Bercinta dan Cara Mengatasinya
    (Foto: Kaspars Grinvalds/Shutterstock/Clickphotos)

    Kegiatan bercinta harusnya terasa nyaman bagi Anda dan pasangan. Namun jika Anda malah merasakan rasa sakit, alangkah baiknya untuk mencari penyebab dan solusinya. Dengan begitu, sesi bercinta tak akan terasa sakit.

    Sebagian besar rasa sakit saat bercinta biasanya disebabkan karena kurangnya cairan pelumas di vagina Anda. Jika ini yang terjadi, sebaiknya Anda dan pasangan memperpanjang sesi foreplay alias pemanasan. Dengan rangsangan yang lebih, vagina Anda akan mengeluarkan pelumas yang cukup untuk sesi bercinta.

    (Baca juga artikel: 3 Posisi Foreplay yang Wajib Dicoba)

    Namun, rasa sakit dan kram juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

    Infeksi Vagina

    Hal ini bisa terjadi jika terjadi infeksi pada alat kewanitaan yang biasanya disebabkan oleh jamur.

    Masalah dengan rahim

    Bisa jadi ada infeksi di leher rahim atau ada masalah di jaringan luar rahim yang membuat penetrasi mendalam terasa sangat sakit. Jika Anda menderita kista, biasanya hal ini juga bisa membuat sesi bercinta terasa sakit.

    Sakit radang panggul

    Penyakit yang dikenal dengan Pelvic Inflammatory Disease atau PID ini biasanya terjadi saat jaringan dalam panggul meradang. Tekanan yang terjadi saat bercinta bisa menambah rasa sakit di area ini.

    (Baca juga artikel: Minum Madu Bikin Hasrat Bercinta Makin Tinggi)

    Penyakit menular seksual

    Sakit seperti kutil kelamin, luka atau herpes juga bisa membuat proses penetrasi terasa sakit.

    Ada beberapa masalah yang membutuhkan perawatan medis profesional. Jika rasa sakit yang terjadi akibat Anda baru saja melahirkan, sebaiknya tunggu hingga 6 minggu sebelum kembali bercinta. Namun, pastikan Anda dan pasangan melakukannya dengan lebih lembut dan hati-hati.

    Jika rasa sakit disebabkan tanpa ada dasar medis, Anda bisa mencoba terapi seksual. Hal ini biasanya terjadi karena emosi secara psikologis seperti ketidak-siapan Anda bercinta atau masalah rumah tangga yang tidak harmonis.

    Apapun yang terjadi, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri dan pasangan ke ahli, terutama jika Anda mulai mengalami gejala yang mengganggu seperti pendarahan, menstruasi yang tidak teratur, keputihan berlebih, atau kontraksi otot yang mengkhawatirkan. Selamat mencoba!