Cemerlangkan Karier Tahun 2017 dengan 5 Resolusi ini


  • Cemerlangkan Karier Tahun 2017 dengan 5 Resolusi ini
    (Foto: GaudiLab/Shutterstock/Click Photos)

    Buatlah karier Anda lebih cemerlang dan bersinar pada tahun 2017 dengan lima resolusi dari JobStreet.com berikut.

    1. Mengkaji ulang karier Anda yang lalu.

    Karena terlalu terbawa dalam kehidupan  yang sibuk, membuat kita jarang mendapatkan kesempatan untuk meninjau kembali posisi dan perkembangan karier sampai saat ini. Ambil hari libur dan pergilah ke suatu tempat dimana Anda bisa bersantai, menyusun pemikiran-pemikiran Anda, dan dengan jujur mengevaluasi karier Anda. Buatlah catatan tentang pemikiran seputar kehidupan karier, bersamaan dengan sebuah rencana untuk langkah-langkah selanjutnya sehingga Anda bisa meninjaunya kembali di tahun-tahun berikutnya.



    2. Memperbaharui resume dan portofolio.

    Menjaga agar resume dan portofolio Anda selalu diperbaharui sangatlah penting, bukan hanya ketika ingin mencari pekerjan baru. Namun, tetaplah terbuka untuk kesempatan. Pastikan resume dan portofolio terbaru Anda tercantum dalam jaringan karier yang relevan seperti JobStreet.com serta platform profesional lainnya seperti Behance <http://www.behance.net/> untuk kreativitas.

    3. Perluaslah jaringan profesional Anda.

    Sebagian besar perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan seseorang berdasarkan rekomendasi internal. Mempunyai jaringan kenalan professional yang luas selalu menjadi hal yang berguna. Anda tidak akan pernah tahu kapan akan ada lowongan di Google atau Facebook. Namun jika punya kenalan disana, Anda akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk dapat masuk ke tahap wawancara dibandingkan dengan seseorang yang tidak kenal siapapun di perusahaan tersebut.

    4. Tambahkan ketrampilan atau kualifikasi baru.

    Buatlah sebuah target untuk mempelajari satu ilmu atau keterampilan baru di tahun 2017. Dengan kegiatan yang dapat menambah pengetahuan yang lebih luas, Anda akan terlihat lebih baik di mata atasan. Ini merupakan situasi yang saling menguntungkan dimana Anda bermaksud untuk mendapatkan sebuah promosi atau mencari karier yang lebih baik.

    5. Atasi rasa takut dalam diri Anda.

    Tahun ini, cobalah untuk keluar dari zona nyaman Anda dengan menghilangkan rasa takut dalam melakukan sesuatu hal, baik segan berbicara di depan umum, memimpin sebuah rapat, atau melakukan presentasi. Anda hanya harus melakukannya satu kali saja untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda BISA, sehingga akan lebih mudah untuk yang kedua kalinya. Buatlah langkah awal Anda dalam perkembangan karier Anda di tahun 2017.