Life & health

Lebih Hemat dengan Mengubah Kebiasaan Ini

By : Yolanda Deayu - 2017-01-12 04:56:42 Lebih Hemat dengan Mengubah Kebiasaan Ini

Tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari ternyata menghabiskan uang Anda cukup banyak. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat Anda ubah agar bisa lebih menghemat pengeluaran.

Tidak membuat catatan belanja

Sebelum pergi ke supermarket, buatlah catatan belanja terlebih dahulu. Dengan membawa catatan belanja, Anda tahu dan fokus dengan barang apa saja yang harus Anda beli dan tidak tergoda untuk membeli barang-barang lain yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Membeli kopi atau teh di kafe

Jika Anda merupakan pecinta kopi atau teh, mulailah untuk menyeduh kopi atau teh sendiri. Anda dapat berhemat hingga ratusan ribu rupiah jika tidak membeli kopi atau teh dari kafe, melainkan membuatnya sendiri.

Beli e-book

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kini Anda sudah dapat membaca buku secara digital. Selain membantu mengurangi penggunaan kertas yang tidak ramah lingkungan, kebanyakan harga e-book jauh lebih murah dari pada buku tradisional.

Selalu membeli makan di restoran

Selain lebih sehat, Anda juga dapat menghemat banyak uang dengan membawa bekal sendiri. Anda juga dapat mengetahui bahan-bahan apa saja yang Anda gunakan dan memastikan bahwa makanan Anda tidak memakan penguat rasa atau minyak yang berlebihan.

Tidak mau menaiki kendaraan umum

Bepergian dengan angkutan umum dapat mengurangi tingkat kemacetan, polusi, serta pengeluaran Anda. Tidak ada salahnya untuk menaiki angkutan umum karena tarif yang murah dan kualitasnya semakin membaik.

Tidak mau berjalan kaki

Jika Anda hendak pergi ke suatu tempat dalam jarak yang dekat, berjalan kaki merupakan pilihan yang baik. Selain gratis dan membuat Anda sehat, terkadang berjalan kaki akan lebih cepat daripada menaiki mobil dan terkena macet.

Life & health