Life & health

Mengenal Investasi dan Cara Memulainya Sejak Dini

By : Amalta Rifani - 2016-09-19 02:04:32 Mengenal Investasi dan Cara Memulainya Sejak Dini

Apakah Anda merasa tidak piawai dalam mengelola keuangan? Wanita cenderung takut untuk menabung, menyisihkan, apalagi menginvestasikan pemasukannya.

Saatnya Anda membuktikan bahwa perempuan dapat menjadi investor handal. Berikut adalah beberapa hal yang Anda butuhkan untuk mulai berinvestasi dengan full confidence.

Learn The Basic

Hal yang paling tricky adalah ketika Anda harus mulai mengetahui kata kunci investasi seperti saham, obligasi, reksadana, dan diversifikasi portofolio. Melakukan research terhadap kata kunci tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri saat berinvestasi.

Lay Out Your Goal

Memahami kondisi keuangan untuk mengetahui investasi apa yang cocok untuk Anda. Fokuskan pada satu tujuan terbesar Anda, entah itu memiliki rumah kedua, hidup di masa pensiun, atau menyekolahkan anak ke luar negeri.

Jangan terintimidasi dengan jumlah biayanya, sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit, kan?

Know Your Risk Tolerance

Salah satu faktor terpenting untuk percaya diri dalam berinvestasi adalah mau mengambil risiko dengan uang Anda. Mengetahui realitas keuangan Anda memang penting, tetapi berinvestasi untuk jangka panjang memang terasa seperti roller coaster.

Start Small

Anda tidak perlu "banyak" untuk memulai. Tidak ada jumlah terlalu kecil dalam investasi karena yang terpenting adalah Anda berpartisipasi dalam pasar.

Cobalah berinvestasi dalam campuran dana indeks dan saham. Dengan ini Anda dapat memahami diversifikasi dalam investasi.

Play The Long Game

Kunci dari keberhasilan investasi adalah disciplined commitment. Kebanyakan pemula membuat kesalahan dengan mencoba time market daripada time in the market.

Hal inilah yang dikenal dengan "membeli tinggi dan menjual rendah". Pendekatan slow and steady sangat dibutuhkan dalam berinvestasi.

Find Professional Help

Jika Anda merasa nyaman setelah mempelajari dasar-dasar investasi, tidak ada salahnya mencari seseorang yang profesional dalam hal ini.

Penasihat akan membantu Anda untuk lebih tertata mengatur keuangan, memberikan pengalaman dan seluk beluk, serta tetap berada dalam timeline yang realistis.

Life & health