6 Pengeluaran Buruk yang Harus Dihindari



  • Anda mungkin sudah berhasil mengatur pola hidup sehat, keharmonisan hubungan dengan pasangan dan memiliki karier yang gemilang di tahun ini. Lalu, berhasilkah Anda mengatur pengeluaran bulanan? Berikut adalah bad money habits yang perlu Anda hindari dan cara menjaganya untuk tetap 'aman'.

    Berhenti Meminjamkan Uang



    Siapa yang tidak ingin membantu teman saat mereka sedang 'membutuhkan'? Tetapi kebiasaan ini akan merusak keharmonisan pertemanan Anda.

    Bantulah dengan mencari solusi lain yang tidak mengarah kepersoalan uang dengan berbagi frugal tips Anda.

    Membayar Bill Makanan

    Ingin sih dianggap royal dan memanjakan teman-teman dengan mentraktir mereka setiap saat. Tetapi jangan lakukan hal ini hanya karena gengsi semata. Percayalah, teman yang baik dan setia pasti akan mengerti isi hati dan isi dompet Anda.

    Menghabiskan Gaji Bulanan

    Susah? Pasti. Daftar barang-barang yang ingin dibeli pada bulan sebelumnya mungkin sudah sangat menumpuk.

    Pastikan keperluan yang Anda beli akan bermanfaat untuk bulan-bulan selanjutnya. Mulailah menyisihkan uang Anda untuk membayar tagihan daripada berfoya-foya.

    Bergantung dengan Kartu Kredit

    Kartu Kredit memang sangat berguna jika cash Anda sudah 'lenyap' di dompet. Jangan jadikan diri Anda bergantung pada kartu kredit dengan memberikan limit yang lebih kecil dari pada uang fisik yang Anda hasilkan.

    Membandingkan dengan Orang Lain

    Jika orang-orang terdekat memiliki mobil dan rumah yang lebih baik, bukan berarti Anda tidak mampu membeli itu semua. Anggap saja Anda menabung untuk membeli mobil dan rumah yang lebih dari itu, time will tell..

    Konsumtif

    Jika Anda memiliki sifat konsumtif, pikirkanlah manfaatnya untuk jangka waktu yang panjang. Anda bisa merubah pemikiran now or never menjadi good things are worth the wait.

     

    (Foto: Dok. Zakhar Goncharov/Shutterstock)

     



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below