Mengenali Gejala Vertigo



  • Vertigo merupakan suatu gejala yang bisa terjadi pada siapa saja, ditandai dengan rasa pusing seakan kepala berputar dan pengelihatan terbalik. Berikut adalah informasi mengenai gejala vertigo.

    Penyebab

    Vertigo biasanya disebabkan oleh endapan kalsium yang terjadi pada telinga bagian dalam. Gangguan ini akan memicu mekanisme keseimbangan tubuh si penderita.



    Selain itu kelainan di dalam telinga, perubahan posisi kepala, migrain, lingkungan (mabuk laut dan mabuk darat), obat-obatan, dan gangguan fungsi otak juga merupakan penyebab umum vertigo.

    Pengobatan

    Karena termasuk suatu gejala dan bukan penyakit, cara mengatasi vertigo akan tergantung pada penyakit yang disebabkannya. Beberapa kasus vertigo terjadi sementara sehingga dapat sembuh tanpa pengobatan.

    Beberapa penyakit vertigo juga perlu ditangani secara khusus melalui terapi Manuver Epley untuk mengeluarkan partikel kalsium dari saluran telinga, meminum obat prochlorperazine dan antihistamin, serta terapi rehabilitasi vestibular untuk fungsi otak.

    Pencegahan

    Gejala vertigo dapat dicegah dengan menghindari gerakan secara tiba-tiba saat sedang berbaring atau duduk. Selain itu perubahan posisi kepala saat mendongak, berjongkok dan membungkuk juga memicu munculnya vertigo, karena langsung menyerang ke bagian fungsi otak yang membuat kepala pusing.

     

    (FOTO: STASIQUE/SHUTTERSTOCK)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below