Food & travel

Bahan Sehat Pengganti Gula

By : Karina Hikmayudi - 2016-09-02 06:59:19 Bahan Sehat Pengganti Gula

Selain dipercaya meningkatkan tingkat gula darah, gula dapat meningkatkan inflamasi dan meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi gula lebih banyak lagi. Berikut beberapa alternatif lebih sehat ketika Anda ingin mengonsumsi gula.

Agave

Agave memiliki glycemic index yang lebih rendah sehingga tubuh menyerapnya lebih lama dari gula putih. Selain itu agave adalah pilihan yang baik jika Anda seorang vegan. Cocok untuk diminum bersama lemonade.

Coconut Sugar

Salah satu pemanis pilihan nutrisionis karena kadar glycemic index yang rendah. Terbuat dari kelapa dan memiliki kadar vitamin B8 dan potassium yang tinggi. Cocok untuk masak dan memiliki rasa yang mirip dengan gula biasa.

Maple Sugar

Diambil langsung dari pohon maple, pemanis ini paling natural. Tinggi akan antioksidan, zinc yang meningkatkan sistem imun tubuh, dan manganese yang baik untuk enzim.

Dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak, dan cocok untuk dimakan bersama pancake, yogurt, atau oatmeal dan baik juga untuk masak.

Honey

Mengandung vitamin dan mineral seperti B2, B6, iron, dan manganese. Anti-fungal dan antibakteri serta tinggi akan antioksidan. Dengan rasa yang lembut, madu cocok digunakan untuk minum teh dan dapat menggantikan gula ketika sedang memasak.

Molasses

Memiliki nutrisi yang tinggi, dengan kadar potassium 70% lebih tinggi dari pisang, dan 20% dari iron yang dibutuhkan wanita, dan kalsium sebanyak satu gelas susu. Dengan rasa yang smoky, molasses dapat ditambahkan dalam smoothie atau yogurt anda.

Stevia

Bebas kalori dan natural, didapat dari tanaman stevia. Lebih manis dari gula biasa, sehingga Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak. Cocok digunakan dalam minuman.

 

(FOTO: OKSANA SHUFRYCH/SHUTTERSTOCK)

Food & travel